Kominfo Lengkapi CCTV dengan Audio System

MEDI/Bengkulu Ekspress
Ruang monitoring center Pemda Kota Bengkulu saat memantau aktifitas kendaraan di jalan raya, kemarin.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Seiring dengan pengembangan jaringan CCTV di setiap persimpangan Kota Bengkulu, dalam waktu dekat Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Bengkulu juga akan melengkapi CCTV dengan audio system.

Nantinya, masyarakat atau para pengendara yang melanggar tidak hanya terekam kamera saja, tetapi juga bisa diberikan peringatan langsung terutama di simpang traffic light atau lampu pengatur lalu lintas.

“Nanti kita lengkapi dengan audio, jadi bisa kita imbau atau berikan peringatan kepada para pengendara yang melanggar di jalan raya,” kata Kepala Diskominfosan Kota, Medy Pebriansyah SSTP MSi, saat ditemui Bengkulu Ekspress di ruang Monitoring Center, kemarin (16/1).

Dalam hal ini pihaknya akan bekerjasama dengan monitoring center Polda Bengkulu sehingga lebih efektif dalam penanganannya, terutama untuk memperingati para pengendara yang berhenti melewati zebra cross atau bentuk pelanggaran lainnya, seperti tidak menggunakan helm atau kendaraan yang melebihi muatan.

Menurut Medy, dengan audio system ini, arus lalu lintas bisa lebih tertib karena tak hanya itu saja, fungsinya lainnya juga bisa memberikan imbauan manakala ada ambulance dalam keadaan darurat membutuhkan jalur khusus, sehingga persimpangan yang padat kendaraan bisa diimbau melalui audio tersebut agar segera menepi atau memberi jalan.

“Jadi, dari ruang monitoring center ini para operator bisa memberikan komando, sehingga dalam keadaan darurat seperti ambulance atau mobil pemadam kebakaran yang lewat bisa diprioritaskan,” jelasnya.

Rencana pemasangan audio ini seiring dengan penambahan CCTV baru dengan total anggaran sekitar Rp 500 juta. Namun, khusus audio tidak seluruhnya dipasang, tetapi hanya beberapa titik prioritas seperti Simpang Lima Ratu amban, kemudian kawasan wisata, dan beberapa simpang lainnya yang dianggap rawan kecelakaan atau padat arus lalu lintas.

¬†“Penambahan audio itu masih¬† kita atur dimana saja persimpangan yang perlu untuk dipasang, maka dari itu perlu kita rapat terlebih dahulu dengan pihak terkait. Yang pasti itu akan direalisasikan di tahun ini,” pungkas Medy. (805)