Kominfo Kembali Raih Program Kementerian

–fto Hendarsyah–

TAIS, Bengkulu Ekspress – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Seluma, kembali mendapatkan program dari Kementerian Kominfo RI untuk internet gratis dan jaringan. Pada 2019 ini, sedikitnya 17 Base Transceiver Station(BTS) Wifi dan BTS GSM kembali dipasang di sejumlah desa di Kabupaten Seluma.

“Kementerian baru saja kembali memberikan bantuan berupa pembangunan BTS Wifi untuk jaringan signal dan internet,” sampai Kepala Dinas Kominfo Seluma H Hendarsyah SIp MP didampingi Kasi Infratuktur dan Jaringan Andi Ariandi St Kepada Bengkulu Ekspress kemarin (27/5).

Dijelaskan, dari program Kementrian Kominfo tersebut, tidaklah seluruha dibangunkan BTS GSM, melainkan hanya satu desa Padang Capo Ulu. Belakangan, Seluma, kembali mendapatkan bantuan sebanyak dua unit untuk Desa Cawang dan Gunung Megang. Termasuk juga internet untuk SD dan SMP di Kabupaten Seluma. “Saat ini tim melakukan survei di dua lokasi BTS terbaru di Cawang dan Gunung Megang,” sampainya.

BTS wifi untuk internet gratis diberikan pada 16 desa di 14 kecamatan, seperti pada Desa Sekalak, Lubuk Resam, Tanjung Agung, Cawang, Padang Capo Ilir, Muara Nibung, Mekar Jaya, Giri Nanto, Simpur Ijang, Kayu Elang, Cugung Langu, Renah Gajah Mati 1, Gunung Pegang, Suban, Batu Tugu, Batu Balai dan satu pembangunan BTS GSM Desa Padang Capo Ulu. Di daerah ini nantinya mendatpakan signal ponsel dan jaringan. Penduduk desa bisa mengakses internet dengan 4G dan 3G.

“Diprediksi pada Mei dilakukan survei lokasi pendirian BTS wifi dan BTS GSM sehingga memudahkan berinternet dengan signal terbagus,”sampainya.

Hendarsyah menerangkan, pembangunan BTS wifi dipastikan tidak akan memakan tempat. Tidaklah sama dengan pendirian BTS GSM yang memang membutuhkan lahan sehingga desa harus menyediakan dan menghibahkan lahan untuk pendirian BTS GSM tersebut. “BTS GSM memeng membutuhkan lahan dan harus dihibahkan oleh desa,” imbuhnya.

Hendarsyah melanjutkan, Diskominfo tetap mengupayakan internet gratis pada 4 puskesmas yang pada 2018, belum menerima. Termasuk juga mengupayakan pada BTS GSM untuk dapat ditambah menjadi dua unit. “Kita tetap mengupayakan penambahan pada program yang sudah diusulkan,” sambungnya.

Ditambahkan, pada 2018, di Kabupaten Seluma, juga sudah mendapatkan program dari kementerian. Berupa pemasangan BTS di daerah yang memang tidak mendapatkan signal. Pada desa Banyu Kencana, Muara Timput dan Kembang Manis. “Kita mengupayakan Seluma, merdeka signal dan bisa mengakses internet dengan baik,” pungkasnya.(333)