Kominfo Belajar ke Jawa Barat

kunjungi
IST/KOMINFOSP/Bengkulu Ekspress
KUNJUNGI : Plt Kadiskominfo SP Donni Swabuana ST MSi ketika mengunjungi Command Center Jawa Barat.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Mewujudkan pembangunan Command Center, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong Provinsi Bengkulu melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, belajar dan mencontoh Command Center yang telah dibangun terlebih dahulu oleh Pemerintahan Kota Bandung Provinsi Jawa Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadiskominfo SP Lebong Provinsi Bengkulu, Donni Swabuana ST MSi, mengatakan, kedatangan pihaknya ke Jawa Barat merupakan salah satu tahapan untuk membangun ommand Center di Kabupaten Lebong, dimana kunjungan ke Jawa Barat yaitu belajar bagaimana proses pengerjaan pembuatan Command Center, pengoperasian hingga pelayanan kepada masyarakat. “Itu semua harus kita pelajari, jangan cuma ada komputer dan perlengkapan lainnya tetapi prosesnya kita tidak tahu,” jelasnya, kemarin (24/5).

Dimana dalam pembangunan Command Center di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, nantinya akan dibangun secara bertahap mulai dari pembangunan pusat control pengawasan kinerja dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, dimana akan dilakukan pemasangan CCTV di setiap OPD dan nanti akan tersambung dengan pusat kontrol yang dibangun. “Pusat control akan dibangun di Kantor Bupati Lebong itu sendiri,” sampainya.

Ditambahkan Donni, dengan adanya Command Center mampu memproses data dan informasi yang dibutuhkan sehingga bisa secepatnya pimpinan menentukan keputusan. Hal ini dikarenakan Command Center nantinya juga menjadi tempat bupati melakukan monitoring terhadap seluruh kegiatan di masing-masing OPD.

“Jadi bupati tinggal mencari OPD mana yang akan dilihat dengan membuka link OPD tersebut,” tuturnya

Untuk itulah, dirinya berharap setelah belajar di Jawa Barat dalam pembangunan Command Center, bisa segera dilakukan atau dibangun di Kabupaten Lebong dalam waktu dekat ini. Diamana untuk pembangunanya sendiri telah dianggarkan dana sebesar Rp 1,2 miliar. “Tahun ini akan kita bangun, Command Center di Lebong,” tegasnya. (614)