Kolam Limbah PTPN VII Bermasalah

DSC_0159TALO, BE- Sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Seluma diminta peduli dengan lingkungan. Hal ini ditegaskan Wabup Seluma, Mufran Imron SE saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pabrik CPO PTPN VII di Desa Pring Baru Kecamatan Talo Kecil
“Kita melihat pengolahan limbah PTPN VII tidak sesuai dengan prosedur. Karena di sekeliling limbah PTPN VII tidak dipasang pagar pengaman. Inilah yang menjadi penyebab beberapa waktu lalu ada anak yang tercebur ke kolam limbah ini,” sesal Mufran Imron  SE saat di lokasi kolam limbah pabrik PTPN VII itu.
Dari pemeriksaan yang dilakukan, wabup mengaku kecewa setelah mengelilingi lokasi bak limbah pembuangan pabrik tersebut. Setelah puas sidak ke lokasi limbah, Mufran kemudian disambut Wakil Direktur PTPN VII Widodo.
“Masa sekelas PTPN VII, perusahaan BUMN tidak memiliki pengolahan limbah yang cukup. Padahal, setiap harinya PTPN VII ini mengolah 300 ton TBS,”ujarnya.
Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Seluma, Jonaidi SP yang ikut sidak tersebut, mengatakan DPRD bersama dengan pemkab akan menjadwalkan pemanggilan PTPN VII untuk membahas mengenai pengelolaan limbah. Pihaknya akan mengajak BUMN itu membahas standar keamanan limbah. Selain itu, akan memanggil BLHKP untuk meminta keterangan soal Amdal PTPN VII itu. (333)