Kolam Ketua DPRD Diprotes Warga

AIR NIPIS, BE – Para petani sawah dan pemilik kolam di Kecamatan Air Nipis memprotes keberadaan kolam milik Ketua DPRD Bengkulu Selatan (BS) Susman Hadi SP. Pasalnya, kolam itu mengambil aliran air dari saluran irigasi yang selama ini mengaliri sawah warga. Kolam milik politisi itu yang terletak di Pematang Gambir Desa Palak Bengkerung dianggap membuat debit air irigasi ke sawah menyusut.

Untuk meredam konflik itu, Polsek Seginim mempertemukan warga dengan Ketua DPRD BS Susman Hadi di ruang kerja Kapolres BS AKBP Yohanes Hernowo SIK MH. Di pertemuan itu, warga mengaku dirugikan karena air yang ada disaluran irigasi itu hampir seluruhnya masuk ke kolam milik Ketua DPRD BS. Sedangkan pembuangan air dari kolam air deras itu sebagian ada yang tidak kembali masuk ke saluran irigasi.

Warga berharap, Ketua DPRD BS bisa mengurangi pasokan air ke kolamnya. Selain itu mereka juga meminta saluran pembuangan air kolam itu diperbaiki agar bisa kembali masuk ke saluran irigasi kembali.”Kalau tidak ada perbaikan, kami pemilik kolam air deras yang lain akan kekurangan air. Petani sawah di hilirnya tidak dapat mengharap sawah kembali,” ucap Yurdian dan tiga orang warga lainnya yang ikut pertemuan.

Sementara itu Ketua DPRD BS Susman Hadi menyanggupi tuntutan warga. Ia berjanji memperbaiki pintu masuk air dan dinding kolam agar air semuanya kembali lagi ke saluran irigasi.”Saya penuhi dan saya siap memperbaiki kolam saya,” ucapnya.

Kapolres BS AKBP Yohanes Hernowo SIK MH didampingi Kapolsek Seginim Iptu Anwar Sanusi dan Kanit Reskrim Polsek Seginim Ipda M Yusman dengan pertemuan itu diharapkan agar warga dapat menahan diri dan tidak anarkis. Apalagi hasil pertemuan itu positif, Ketua DPRD BS memenuhi permintaan warga.(369)