Kolam Ikan Dipanen Maling

kolam ikan keringCURUP, BE – Naas dialami Nandang Kosasi (45) warga Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota. Selasa dini hari (18/2) kolam ikan miliknya telah kering, ribuan ekor ikan miliknya hilang dipanen para pelaku pencurian hingga menyebabkan korban merugi sekitar Rp 4 juta.
Ditemui Bengkulu Ekspress di kolam ikan miliknya, Nandang Kosasi, yang diketahui Ketua Kelompok Tani Ingin Maju tersebut menuturkan, sedang tidak ada di rumah saat peristiwa pencurian itu terjadi.  “Malam itu saya rapat kelompok tani, pulang sudah larut malam saya ketiduran pak. Paginya saat ingin ke kolam yang berjarak 100 meter dari rumah, saya lihat kolam sudah kering,” ungkapnya.
Dijelaskan Nandang, letak rumah miliknya memang cukup jauh dari pemukiman penduduk, persis di tengah persawahan, di dalam rumah hanya ada istri korban tetap tinggal di rumah.  “Ikan yang hilang lumayan pak, ada sekitar 45 ekor ikan mas indukan dengan berat 2,5 kg per ekornya,” sesal Nandang.
Tidak hanya itu saja, pelaku juga mengambil ikan Lele indukan yang berjumlah 25 ekor dengan berat per ekornya 2 Kg dan pelaku juga mengambil semua benih ikan nila yang berada di kolam tersebut. “Saya memang sudah sering kemalingan seperti ini. Setidaknya, sudah 3 kali kolam saya dibobol maling dalam kurun waktu 6 bulan kebelakang, namun belum kami laporkan,” ujar Nandang. (999)