Kodim Rejang Lebong Temukan 2 Hektar Ladang Ganja

ist, Contoh batang ganja yang ditemukan jajaran Kodim 0409 Rejang Lebong dikawasan Kecamatan Sindang Dataran (1)

CURUP, BE – Dugaan masih adanya ladang ganja di kawasan Lembak, benar adanya. Hal ini setelah jajaran Kodim 0409 Rejang Lebong kembali menemukan ladang ganja di kawasan Desa Talang Nangka Desa Sinar Gunung Kecamatan Sindang Dataran pada Kamis (19/3).

Menurut Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Kav Sugi Mulyanto SE, melalui Pasi Intel Lettu Botani Kenedi, luas kebun ganja yang mereka temukan sekitar 2 hektar. Hanya saja dari lokasi ladang ganja, pihaknya hanya menemukan 50 batang ganja lantaran batang ganja lainnya sudah dipanen pemiliknya. Selain itu pemilik ladang ganja tersebut juga tidak berhasil diamankan karena diduga sudah kabur sebelum kedatangan petugas. “Tanaman ganja yang kita temukan ini ditanam di sela-sela batang kopi pada kebun milik warga,” jelas Botani.

Menurut Botani, kebun kopi yang ditanami ganja tersebut berjarak sekitar 10 Km dari pemukiman warga. Selain lokasi yang jauh, akses menuju kebun kopi tersebut hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Oleh karena itu petugas baru tiba di lokasi pada Kamis pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Danramil 409-03/PUT, Kapten Inf Untung Pribadi mengatakan atas informasi dari masyarakat, ia langsung memerintahkan 4 anggotanya yakni, Serma Aris Jaya dan Serda Erfendi dari Pos Koramil Binduriang serta Kopka Alhudairi dan Praka Ansari dari Koramil PUT, untuk cek TKP dan langsung berangkat pada Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB menuju TKP. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 4 jam, petugas berhasil menemukan ladang ganja.

“Karena lokasinya memang jauh sehingga anggota harus berjalan kaki selama 4 jam sebelum tiba di lokasi,” tambah Botani.

Terkait dengan penemuan ladang ganja ini, Botani menjelaskan. Keberhasilan pihaknya menemukan ladang ganja tersebut berkat informasi yang disampaikan masyarakat. Mendapat informasi tersebut pihaknya langsung melakukan pengecekan di lokasi. Saat tiba di lokasi anggota Kodim menemukan tanaman ganja tersebut.

“Melihat dari kondisi di lapangan, kita menemukan bahwa pemilik baru selesai memanennya, sehingga hanya ada 50 batang yang tersisa,” jelas Botani.

Lebih lanjut Botani menjelaskan, batang ganja yang berhasil mereka temukan langsung mereka musnahkan di lokasi. hal tersebut lantaran mengingat medan yang cukup jauh untuk membawanya. Sebagai barang bukti petugas hanya membawa dua batang ganja saja.

“Penemuan ladang ganja ini merupakan bagian dari upaya kita untuk memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan Narkoba. Selain itu kita juga berharap kepada masyarakat untuk memberikan informasi kepada kita bila mengatahui ada aktifitas penyalahgunaan Narkoba,” harap Botani. (251/222)