Kodim dan DTPHP Bengkulu Utara MoU Dukung Upsus Pajale

APRIZAL/BE
Dalam mendukung program Upsus Pajale, Kodim 0423/BU bersama DTPHP Bu lakukan pendatangan MoU, Kamis (14/1)

ARGA MAKMUR, BE – Menindaklanjuti kesepakatan perjanjian kerja sama antara Kementrian Pertanian dan Mabes TNI Nomor 10/Mou/HK.220/M/4/2020, tentang dukungan pelaksanaan program Pembangunan Pertanian dibidang upaya khusus (Upsus) Padi, Jagung, Kedela (Pajale).

Pada Kamis pagi (14/1), Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Pertanian (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Kuasa Barus bersama Dandim 0423/BU Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono SSos MSi melakukan penandatangan MoU mendukung program Upsus Pajale.

Usai penandatangan kerja sama tersebut Kepala DTPHP BU Kuasa Barus mengatakan, “Program yang dicanangkan kementerian bersama Mabes TNI ini dilakukan guna meningkatkan swasembada pangan termasuk di Kabupaten BU.”

Dengan keberadaan anggota TNI disetiap Desa merupakan poin penting untuk menyukseskan program ini. Dirinya pun berharap dengan adanya kerja sama ini semua program pertanian di Kabupaten BU terus meningkat demi terwujudnya swasembada pangan.

“Ya, meski program ini tidak memliki anggaran, akan tetapi program ini sangat penting dilakukan. Maka dari itu kita harapkan dengan kerja sama ini dapat berjalan dengan baik seperti tahun tahun sebelumnya,” kata Kuasa Barus.

Sementara itu, Dandim 0423/BU, Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono SSos MSi menuturkan, terkait keterlibatan dalam Program Upsus Pajale dalam percepatan produksi pangan merupakan perwujudan dukungan dari TNI. Hal ini sesuai dengan kesepakatan/MoU antara Menteri Pertanian RI dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Tidak terkecuali pada kegiatan percepatan tanam di Kabupaten BU, TNI mendukung penuh program pembangunan pertanian dibidang Upsus Pajale melalui pendampingan yang dilakukan oleh TNI, serta Penyuluh Pertanian terhadap petani dalam meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten BU.

“Dengan adanya kerjsama ini sebagai bentuk dukungan kita agar semua produksi hasil pertanian meningkat. Ada tidaknya anggaran, kami harus ikut berperan aktif. Kami kerahkan semua personel di jajaran Kodim 0423/BU dalam program ini,” tandasnya. (127)