Kodim 0409/RL Pinjamkan Alsintan

Dandim 0409/Rejang Lebong saat mengecek traktor yang ada di Makodim 0409/Rejang Lebong. Traktor bersama sejumlah Alsintan lainnya yang ada di Makodim 0409/Rejang Lebong bisa dipinjam oleh kelompok tani secara gratis.
Dandim 0409/Rejang Lebong saat mengecek traktor yang ada di Makodim 0409/Rejang Lebong. Traktor bersama sejumlah Alsintan lainnya yang ada di Makodim 0409/Rejang Lebong bisa dipinjam oleh kelompok tani secara gratis.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk menunjang hasil pertanian di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang, Kodim 0409/Rejang Lebong menyediakan pinjaman Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) untuk para petani di wilayah tersebut.

“Iya ada beberapa Alsintan yang dimiliki Kodim 0409/Rejang Lebong bisa dipinjam oleh masyarakat kita,” terang Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman, S.Sos.

Dijelaskan Dandim, Alsintan yang dimiliki Kodim 0409/Rejang Lebong tersebut antaralain traktor sebanyak satu unit, kemudian hand tractor sebanyak 10 unit serta 5 unit Mesin Tanam Bibit Padi atau Rice transplanter. Untuk 10 unit Hand Tractor sendiri saat ini berada di Kabupaten Lebong namun untuk Traktor dan Rice Transplanter ada di Makodim 0409/Rejang Lebong.

“Masyarakat yang mau memakai Alsintan yang kita miliki tersebut, silahkan koordinasi dengan staf teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong,” tambah Dandim.

Menurut Dandim, masyarakat yang ingin meminjam Alsintan tersebut harus koordinasi dengan staf teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong karena untuk menentukan kapan dan lama waktu peminjaman. Karena menurut Dandim bisa saja nanti petani banyak meminjam Alsintan tersebut, sehingga perlu dilakukan pengaturan waktu sehingga seluruh petani bisa memanfaatkan Alsintan tersebut.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan, untuk menggunakan Alsintan yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian tersebut, para petani tidak dikenakan biaya sewa atau lainnya alias gratis. Hanya saja menurut Dandim yang bisa meminjam Alsintan tersebut adalah kelompok tani, kemudian kelompok tani yang meminjam Alsintan tersebut harus merawat Alsintan tersebut sehingga masih bisa digunakan saat kelompok tani lainnya ingin meminjam juga.

“Peminjaman Alsintan yang dimiliki Kodim ini tidak ada biaya sewa, namun yang penting kelompok tani yang meminjam harus merawatnya agar tidak rusak,” pinta Dandim.

Dengan adanya bantuan Alsintan tersebut, Dandim berharap bisa membantu masyarakat di tiga kabupaten yang menjadi terotorial Kodim 0409/Rejang Lebong. Dengan adanya pinjaman Alsintan tersebut diharapkan bisa membantu para petani dalam meningkatkan produktifitas pertanian menuju swasembada pangan. (251)