Kodim 0409/Rejang Lebong Buka Jalan Sepanjang 6,5 Km

ARY/Bengkulu Ekspress
Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman saat memaparkan terkait kegiatan TMMD yang ada dilaksanakan jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong dalam waktu dekat ini.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Kodim 0409/Rejang Lebong akan membuka jalan baru di Kabupaten Rejang Lebong sepanjang 6,5 KM. Pembukaan jalan baru tersebut akan dilaksanakan dalam kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-103 di wilayah Kodim 0409/Rejang Lebong.

“Dalam program TMMD tahun ini, kita akan membuka jalan baru sepanjang 6,5 KM,” sampai Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman SSos saat menggelar coffe morning bersama awak media yang bertugas di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang di aula Makodim 0409/Rejang Lebong Jumat (21/9) pagi.

Dijelaskan Dandim, jalan baru yang akan mereka buka dalam program TMMD tersebut berada ditiga desa yang ada di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Desa yang akan dilewati pembangunan TMMD tersebut adalah Desa Guru Agung dan Desa Jabi di Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Desa Pengambang di Kecamatan Sindang Beliti Ulu. “Lebar jalan yang akan kita buka tersebut yaitu 8 meter,” tambahnya.

Selain akan membuka jalan baru, dalam kegiatan yang akan dilaksanakan dari tanggal 16 Oktober hingga 14 November tersebut, sejumlah kegiatan juga akan mereka lakukan seperti pemasangan lima unit gorong-gorong, pembangunan dua unit Poskamling, pengecatan masjid hingga perbaikan jembatan gantung yang lantainya mulai lapuk.



“Selain itu, kita juga akan melakukan kegiatan non fisik berupa penyuluhan mulai dari penyuluhan ekonomi, pertanian dan masih banyak lagi,” tambah Dandim.

Dimana dalam kegiatan non fisik tersebut, menurut Dandim pihaknya akan bekerjasama dengan dinas instansi terkait seperti Dinas Pertanian dan Perikanan, Badan Kesbangpol Rejang Lebong. Kegiatan TMMD kali ini, menurut Dandim akan menelan anggaran sebesar Rp 1,1 miliar.

Dengan adanya pembukaan jalan baru tersebut, ia berharap bisa membantu masyarakat khususnya para petani dikawasan tersebut untuk mempermudah mereka dalam mengangkut hasil bumi. Karena dengan dibukanya jalan baru tersebut diharapkan bisa mengurangi biaya angkutan hasil bumi.

“Kami juga berharap, setelah dibukanya jalan baru tersebut, pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dapat meningkatkan jalan tersebut menjadi jalan aspal,” harap Dandim.(251)