Kloter 1 Haji Padang, Pagi Tadi Sudah Tiba di Sumatera Barat

Pesawat Garuda Indonesia Airbus 330 seri 200 yang membawa kloter pertama debarkasi Padang, Sumatera Barat mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Kamis (1/11) pukul 07.45 WIB. Seorang jamaah di kloter ini meninggal dunia di atas udara saat pesawat baru menempuh tiga jam penerbangan.

Kedatangan 369 jamaah haji asal kota Padang dan kabupaten Pasaman Barat dan 5 petugas haji di bandara BIM disambut oleh Gubernur provinsi Sumbar Irwan Prayitno, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumbar Ismail Usman, dan Walikota Padang Fauzi Bahar Diantara jamaah itu juga nampak Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim.

Kedatangan kloter pertama debarkasi Padang mengalami keterlambatan lebih dari 2 jam. Karena dijadwalkan jamaah tiba pukul 05.15 WIB. Pada proses pemulangan, keterlambatan dimungkinkan karena keterbatasan gate di bandara internasional King Abdul Aziz Jeddah. Begitu turun menginjak di bumi bandara, beberapa orang jamaah langsung bersujud syukur.

Setelah proses pemeriksaan imigrasi, para tamu Allah tersebut kemudian dibawa ke asrama haji Tabing Padang untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, acara penyambutan di asrama serta menerima barang dari bagasi. Hadir dalam penyambutan jamaah di asrama haji, Asisten Gubernur bidang Ekonomi Syafrial.

“Yang meninggal bernama Haji Mondok jualam Mai, umur 78 tahun pukul 21.05 Waktu Arab Saudi,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Padang yang juga Kabid Haji Zakat dan Wakaf Syamsul Bahri. Seluruhnya, sampai 1 November sudah 12 orang jamaah embarkasi Padang yang meninggal dunia.

Kabid Hazawa saat penyambutan jamaah di asrama haji Padang mengatakan, pada musim haji tahun 1433 Hijriyah/ 2012 jumlah jamaah haji yang berangkat dari embarkasi Padang sebanyak 7.356 orang, meliputi jamaah asal provinsi Sumbar 4.413 orang, asal Jambi 1.198 orang, Bengkulu 1.629 orang, dan mutasi dari embarkasi lain 16 orang serta 100 petugas haji. (ks)