KKP Beri Alat Penyimpanan Ikat Laut

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Konsumsi masyarakat Kabuapten Kepahiang, terhadap ikan laut cukup tinggi, karena masyarakat sudah menyadari pentingnya mengkonsumsi ikan.

Dengan tingginya angka konsumsi ikan laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang harus dapat memastikan ketersedian pasokan ikan laut segar bagi masyarakat.

Untuk menjamin ketersediaan ikan laut segar di Kabupaten Kepahiang, melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Kepahiang, KKP memberikan bantuan Termoking atau alat penyimpanan ikan laut.

Tujuannya agar selama didalam tempat penyimpanan Termoking, ikan-ikan laut yang dikirim dari luar daerah tersebut, tetap segar dan sehat.”Nantinya Termoking dikelola Koperasi Maju Mandiri Kepahiang, binaan kita,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Ketahanan Pangan Rukismanto.

Ia menjelaskan, pengadaan Termoking program bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, yang sudah menurunkan tim survei ke lapangan. Awal februari lalu rombongan tim survei dari KKP telah mengecek lokasi dan kesiapan pengurus koperasi maju mandiri Kepahiang di Desa Suka Merindu Kecamatan Kepahiang.

“Tim survei kementerian sudah turun, sekarang menunggu hasilnya bagaimana, dan kapan alatnya dibagikan,” ujarnya.

Rukis menegaskan, setiap tahunnya konsumsi ikat laut oleh masyarakat terus meningkat. Jadi dengan adanya termoking diharapkan ketersedian bahan aman.

Dengan begitu, kebutuhan ikan laut segar untuk masyarakat Kabupaten Kepahiang selalu ada. Koperasi Perikanan Kabupaten Kepahiang, lebih aktif didalam melayani kebutuhan konsumsi ikan terutama ikan laut ditengah masyarakat bahkan tidak hanya kabupaten Kepahiang melainkan kabupaten luar seperti Empat lawang dan Pagar Alam juga mengambil Ikan laut di koperasi Perikanan Kepahiang. (320)