Kisruh DPP Golkar Bisa Pengaruhi Koalisi Pilkada

KOTA MANNA, BE – Kisruh Partai Golkar di pusat dapat berimbas juga di daerah. Hal itu dapat mempengaruhi struktur pimpinan di tingkat daerah. Begitu juga di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Ditambah lagi sudah ditunjuknya pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD I Golkar Provinsi Bengkulu oleh ketua DPP, Agung Laksono.
Ketua DPD II Golkar BS, Susman Hadi SP MM tidak menampik kemungkinan tersebut. “Bisa jadi nanti ada dualisme kepemimpinan di tubuh Golkar Kabupaten BS,” katanya.
Sebab sambung Susman, adanya Plt atau pun Carateker Ketua DPD I Provinsi yang ditunjuk dapat mempengaruhi struktur kepemimpinan di tubuh Golkar. Meskipun nantinya terjadi dualisme kepemimpinan Golkar, Susman masih dapat bernapas lega dan tidak akan mempermasalahkannya. Sebab, hingga saat ini belum ada keputusan inkra terkait kepemimpinan Partai Golkar di tingkat pusat.
Sebab, kata Susman, pihaknya masih menunggu keputusan di PTUN mengenai kepemimpinan Golkar yang resmi, apakah mengakui Agung Laksono sebagai pimpinan Golkar yang baru atau tetap mengaku Abu Rizal Bakri sebagai Ketua Umum Partai Golkar.
Susman juga mengakui, perubahan struktur kepemimpinan nantinya, juga dapat mempengaruhi arah koalisi dalam Pilkada BS mendatang. Pasalnya, selama ini Golkar di bawah kepemimpian Abu Rizal Bakri konsisten dengan Koalisi Merah Putih. Sedangkan Agung Laksono cenderung ke Koalisi Indonesia Hebat.
“Meskipun terjadi pergantian pucuk pimpinankan masih orang Golkar, jadi tidak ada masalah di daerah, namun terkait Pilkada mungkin ada pengaruhnya, namun yang pastinya kita tunggu kepastiannya nanti saat akan Pilkada,” terang Susman. (369)