Kini, Makan Pakai Tangan Diijinkan dalam Etika Makan Barat

Banyak orang menganggap jika makan dengan tangan tidak sopan. Apalagi jika makan di restoran berkelas dan mewah. Namun stigma tersebut telah berubah. Kini, makan langsung menggunakan tangan sah-sah saja dilakukan!

Debrett’s, lembaga asal Inggris yang menangani masalah etika makan baru saja mengeluarkan panduan dalam menikmati hidangan. Aturan tersebut berangkat dari fakta jika aturan makan kini mengalami perubahan. Makan dengan tangan di tempat mewah bukan lagi hal tabu, namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Adanya pengaruh dari budaya lain dan menu baru, seperti calzone (pizza tertutup dengan topping di dalam) yang membawa tren makan dengan menggunakan tangan. Table manner bukanlah sesuatu yang kaku dan ketinggalan zaman. Tetap dijadikan panduan, namun tidak bisa menghilangkan nikmatnya menikmati makanan bersama,” kata Jo Bryant, perwakilan dari Debrett’s.

Ini dia beberapa aturan makan menggunakan tangan yang dikeluarkan oleh Debrett’s, seperti dirangkum dari situs Telegraph dan Dailymail. Cocok diaplikasikan jika makan makanan yang kering dan banyak isian, seperti pizza, kebab, dan lainnya:

1. Saat makan dengan tangan, seringkali tubuh membungkuk menghadap piring. Duduklah dengan tegak, jangan mengambil wilayah orang yang duduk di sebelah, dan sebisa mungkin jangan meletakkan siku di atas meja.

2. Jika makanan Anda masih sangat panas, tunggu sebentar hingga panasnya berkurang dan jangan ditiup.

3. Jika makan dengan tangan, potong-potong terlebih dulu makanan hingga potongan kecil menggunakan pisau. Usahakan potongan sesuai dengan kapasitas mulut, bukan dengan cara digigit dan sisanya diletakkan kembali di atas piring. Hal tersebut mengurangi risiko adanya remah makanan yang jatuh mengotori pakaian.

4. Letakkan serbet makan di atas pangkuan.

5. Jika ada makanan tersisa di sekitar mulut, lap dengan serbet makan, bukan dengan jari.

6. Jangan berbicara saat mulut penuh makanan.

7. Bagaimana jika teman Anda makan dengan tangan, namun Anda ingin makan menggunakan pisau dan garpu? Jika Anda tetap ingin makan dengan alat makan, hal tersebut sah-sah saja dilakukan.

8. Meskipun makan dengan tangan terasa nyaman, namun tetap perhatikan etika dan perilaku di meja makan.(**)