Kinerja Pejabat BS Dievaluasi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Meskipun pelaksanaan mutasi bisa dilakukan setelah enam bulan pelantikan sebagai Bupati-Wabup pasca Pilkada 2020. Saat ini Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM melakukan evaluasi kinerja dan jabatan sebagai bahan awal untuk pertimbangan mutasi atau pengisian jabatan.

Sekda BS, Yudi Satria SE MM selaku ketua Tim penilaian kinerja mengaku saat ini masih fokus melakukan evaluasi kinerja para pejabat dan ASN lingkungan Pemda BS.

”Kita masih melalukan penilaian kinerja para pejabat dan ASN,” katanya.

Hal yang sudah dilakukan diantaranya tindak lanjut cascading yang dilakukan Bupati BS. Hasil cascading nanti akan menjadi dasar penentu dan pertimbangan dalam penempatan jabatan di OPD nantinya.

“Untuk evaluasi jabatan, kapan saja bisa dilakukan Bupati,” ujarnya.

Meskipun saat ini marak terdengar Isu gerbong mutasi menjelang akhir Agustus 2021 sendiri sudah menyebar di kalangan pejabat lingkungan Pemda BS. Sebab masa 6 bulan Jabatan Bupati dan Wabup BS usai dilantik yakni pada 28 Agustus 2021. Sehingga lewat tanggal tersebut, mutasi sudah bisa digelar. Akan tetapi Yudi mengaku hingga saat ini belum ada petunjuk dari Bupati BS ataupun rekomendasi dari KASN untuk menggelar mutasi tersebut.

“Saat ini belum ada instruksi Bupati untuk mutasi, ” ujarnya.

Dijelaskan Yudi, saat ini tim juga masih melakukan pembahasan kinerja dan juga menunggu hasil cascading. Sebab, sambung Yudi, pelaksanaan Cascading tersebut bisa menjadi acuan dalam penempatan pejabat. Sebab tujuan dari Cascading untuk mengetahui kemampuan para pejabat.

“Cascading ini bisa menjadi dasar penempatan seseorang dalam jabatan selain penilaian kinerja,” terangnya.

Wabup BS, H Rifai Tajuddin SSos mengaku cascading dan penilaian kinerja tersebut sangat baik untuk kemajuan birokrasi. Sebab pada saat mutasi nanti, para pejabat yang keberatan jika masuk dalam gerbong mutasi harus sadar diri dengan kemampuan yang dimiliki. Karena untuk mutasi ini benar-benar dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti, jangan sampai ada nada-nada sumbang selama pelaksanaan mutasi.

“Kita ngin nantinya pejabat yang ditempatkan benar benar berkompeten, sehingga cascading juga menjadi pertimbangan dalam penempatan posisi jabatan,” ujar Wabup. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*