Kinerja Kepala Ombudsman Dievaluasi

OMBUDSMAN 2
EKO/Bengkulu Ekspress
Tim Ombudsman Pusat foto bersama Pimred Bengkulu Ekspress, Iyud Dwi Mursito dan jajaran di Graha Pena Harian Bengkulu Ekspress, Senin (27/8).

Tim Ombudsman RI ke Bengkulu Ekspress

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kinerja Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu, Herdi Puryanto SE selama satu periode belakangan ini dievaluasi oleh Ombudsman RI. Untuk mendapatkan masukan, Tim Ombusman Pusat mendatangi Graha Pena Harian Bengkulu Ekspress (BE), kemarin (27/8), yang dipimpin oleh Asisten Madya Ombudsman Pusat, Aji Indrarto.

“Kami meminta masukan atas kinerja Kepala Ombudsman Bengkulu selama ini,” ujar Aji saat menggelar diskusi di ruang rapat Graha Pena Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, masukan sangat dibutuhkan. Karena dari masukan itu nantinya akan menetukan apakah Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu saat ini bisa melanjutkan jabatannya atau cukup satu periode jabatan. “Pertengahan bulan Oktober mendatang masa jabatan itu habis,” bebernya.

Masukan tidak hanya dari media massa saja, tapi juga dari instansi pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat maupun dari pihak lainnya. Termasuk dari internal Ombusman Bengkulu juga dimintai masukan.

Aji menegaskan, ketika memang masih sangat baik kinerjanya, maka Ombudsman pusat akan menggelar pleno untuk menetapkan Herdi Puryanto menjabat dua periode.

“Jika tidak, maka Ombudsman akan mengelar seleksi ulang. Namun seleksi itu membutuhkan waktu lama. Mulai dari pengumuman hingga proses seleksi,” tambah Aji.

Aji mengatakan, masukan dari media sangat penting. Karena media sangat berhubungan erat dengan kinerja Ombudsman. Sebab, dengan media pers, maka obmudsman bisa mempublikasikan pengaduaan yang diberikan oleh masyarakat terkait pelayanan publik.

“Ombudsman juga ada keterbatasan, maka itu perpanjangan informasi itu ada di media. Tentu dengan pengembangan jaringan dengan media, maka media juga bisa menyoroti langsung kinerja selama ini,” tegasnya.

Dari pertemuan tim Ombudsman pusat yang disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi (Pimred) Bengkulu Ekspress Iyud Dwi Mursito, Direktur bengkuluekspress.com Ferdianto Felino dan Manajer Iklan Bengkulu Ekspress, Hadi Nurrahman itu, banyak masukan yang diberikan. Mulai dari pentingnya laporan masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, pendidikan, e-KTP hingga pelayanan publik lainnya yang harus ditindaklanjuti oleh Ombudsman. Termasuk memberikan kesadaran masyarakat untuk mau melaporkan pelayanan publik yang tidak baik, hingga inovasi-inovasi yang harus dilakukan oleh Ombudsman dalam menerima laporan masyarakat.

Menurut Pimred Bengkulu Ekspress, Iyud Dwi Mursito keberadaan Ombudsman sangat membantu masyarakat dalam menyalurkan pengaduan pelayanan publik. “Kalau ada hambatan di masyarakat, di situ bisa diadukan ke Ombudsman. Jadi, perannya sangat penting sekali,” ungkap Iyud.

Iyud juga berharap, apapun laporan masyarakat yang sudah masuk di Ombudsman bisa ditindaklanjuti. Sehingga kepercayaan masyarakat untuk mengadukan masalahnya bisa terus meningkat. “Tindaklanjut penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat,” tandasnya. (151)