Khedira Proyeksi Pengganti Yaya

MANCHESTER City meramaikan persaingan mendapatkan gelandang bertahan Real Madrid Sami Khedira. Pemain timnas Jerman itu menjadi salah seorang pemain yang paling diburu pada jendela transfer Januari 2015.

Selain City, empat klub raksasa Inggris telah lebih dulu menyatakan berminat menggaet Khedira. Yakni, Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Manchester United. Bahkan sejak musim panas lalu Arsenal sudah memantau pemain berdarah Maroko itu.

Menurut salah satu tabloid olahraga paling berpengruh di Spanyol, Marca, Real dan Khedira gagal untuk mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak.

Los Blancos”julukan Real tampaknya akan melepas Khedira jika ada klub yang memberikan penawaran bagus. Pemain 27 tahun kelahiran Stuttgart tersebut diperkirakan memiliki banderol mencapai 8 juta pound atau sekitar Rp 156,8 miliar.

Pelatih City Manuel Pellegrini mengungkapkan ketertarikannya untuk mendaratkan Khedira. Bahkan, Khedira siap untuk menurunkan standar gajinya agar bisa hengkang dari Santiago Bernabeu, kandang Real.

City ingin menempatkan Khedira sebagai gelandang utama menggantikan Yaya Toure. Pemain asal Pantai Gading itu kabarnya ingin hengkang dari Etihad. Tujuannya adalah ke Ligue 1, membela tim kaya Paris Saint-Germain (PSG).

Gelandang 31 tahun itu paham bahwa usianya tidak muda. Jadi dia memburu kontrak besar jelang masa pansiun. Di PSG, Yaya dipastikan mendapatkan uang melimpah, hampir sama dengan yang didapatkan pemain seperti Zlatan Ibrahimovich, Edison Cavani, dan Lucas Moura.

Di sisi lain, entrenador Real Carlo Ancelotti secara eksplisit mengungkapkan niatnya untuk melepas Khedira. Itu lebih baik ketimbang harus kehilangan pemain binaan akademi Stuttgart itu pada musim panas tahun depan secara gratis berdasarkan aturan Bosman.

“Jika dia ingin memperpanjang kontak, klub akan kembali melakukan evaluasi. Namun, jika tidak, dia akan pergi. Kami punya waktu sampai Juni untuk mencapai kesepatakan dengan dia,” ucap Ancelotti kepada Marca. (nur/ca)