Ketua RT dan Poskamling Diberi Pembinaan

Budhi/Bengkulu Ekspress
Sebanyak 50 orang Ketua RT dan pengurus poskamling se-Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu menghadiri sosialisasi pembinaan poskamling di aula kantor Camat Gading Cempaka, kemarin.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 50 orang Ketua RT dan pengurus poskamling se-Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, Kamis pagi (17/10) menghadiri acara sosialisasi pembinaan di aula kantor Camat Gading Cempaka. Pembinaan ini sebagai upaya meningkatkan sistem keamanan dan juga ketertiban di masyarakat.
Staff Ahli Bidang Hukum dan Politik Setda Kota Bengkulu, Hilman Fuandi mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintahan Kota Bengkulu guna mengoptimalkan dan meningkatkan sistem keamanan di setiap RT dan RW, seperti sosialisasi dan pembinaan poskamling di tingkat kecamatan se-Kota Bengkulu.

“Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman yang masuk dan datang dari luar,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan program ini tidak lain dalam rangka meningkatkan Bengkuluku aman dan ke depannya akan dievaluasi guna melihat kendala yang dihadapi.”Hal ini dilakukan supaya program Bapak Walikota Bengkulu yakni Bengkuluku aman berjalan sesuai dengan yang diinginkan Pak Helmi Hasan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Gading Cempaka Kota Bengkulu, Soni Risdianto AP mengatakan keamanan dalam mewujudkan program Bengkuluku aman merupakan tugas warga kota bersama-sama. Maka dari itu, pendirian poskamling merupakan suatu cara agar menciptakan kondisi yang lebih kondusif bagi lingkungan tempat tinggal.

“Untuk wilayah Kecamatan Gading Cempaka ini ada 103 poskamling yang tersebar di 5 kelurahan, namun yang aktif hanya 47 poskamling sehingga hanya ada setengah poskamling yang aktif dari total poskamling yang ada. Oleh sebab itulah kita adakan kegiatan ini,” bebernya.

Selain itu, ia pun berpesan kepada seluruh warga Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu untuk memahami betapa pentingnya poskamling ini, selain membuat tempat tinggal menjadi aman, poskamling juga bisa membantu meringankan tugas dari pihak kepolsian yakni menjaga dan menciptakan keamanan dan ketertiban bagi warga.



“Saya sangat berharap dengan adanya kegiatan ini yang turut dihadiri oleh pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Gading Cempaka dan dari pihak Kesbangpol kota, kesadaran warga terkhusus Kecamatan Gading Cempaka untuk mendirikan dan mengaktifkan lagi pskamling bisa segera dilaksanakan,” tutupnya.

Ketua RT Harus Turun ke Masyarakat

Saat penyerahan Bantuan Operasional (BOP) pengurus syara se-Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu, Selasa lalu, Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan SE juga memberikan arahan dan pembinaan kepada ketua RT, RW, dan Linmas serta Ketua Adat di Kecamatan Singaran Pati.

Dalam kesempatan itu, Ketua RT ditekankan untuk selalu berperan aktif dalam mensosialisasikan program Pemerintah Kota Bengkulu dan meningkatkan kualitas kinerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing.”Program dari pemerintah secara bertahap direalisasikan, maka peran RT ataupun RW dalam mensosialisasikan hal itu ke tengah masyarakat sangat dibutuhkan dan penting,” kata Helmi.

Helmi meminta agar seluruh ketua RT dan RW di seluruh kecamatan yang ada di Kota Bengkulu untuk meningkatkan kualitas kinerja, jangan hanya banyak berdiam diri di rumah dan menunggu warga datang ke rumahnya.

“Kita sebagai ketua RT maupun RW harus turun langsung ke rumah warga, harus mengetahui setiap permasalahan yang ada di lingkungan warga kita, jangan hanya sibuk dengan urusan pribadi saja,” bebernya.

Ia menjelaskan, jabatan ketua RT atau RW dipilih berdasarkan suara dari warganya, jadi sudah seharusnya keluhan dan permasalahan warganya harus diketahui.”Saya tekankan kepada seluruh ketua RT untuk peduli dengan warga sekitarnya, jika memang tidak mampu menjadi RT atau RW bisa disampaikan sehingga warga bisa memilih ketua RT atau RW yang baru nantinya,” tutupnya. (529)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*