Ketua PWI Bengkulu: Copy Paste Membunuh Kreativitas Wartawan

Foto Hendrik/BE – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu Zacky Antony,SH. MH menyampaikan kata sambutannya pada kegiatan uji Kompetensi wartawan (UKW) angkatan Xll Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu, di ruang pola kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (2/12).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu Zacky Antony, SH. MH mengungkapkan di era kemajuan teknologi saat ini copy paste (plagiat) sangat membunuh kreativitas para wartawan. Hal itu diungkapkannya pada kegiatan uji Kompetensi wartawan (UKW) angkatan Xll Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu, di ruang Pola kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (2/12).

“Kemudahan teknologi saat ini copy paste sangat membunuh kretivitas para wartawan,” kata Zacky, Rabu (2/12).

Zacky mengatakan, banyak wartawan saat ini hanya melakukan copy paste dengan menekan kontrol+C di keyboard ataupun handphonenya lalu mengubah judul dan lead karya orang yang sudah ada.

“Seharusnya para wartawan harus bangga dengan hasil karya sendiri dibandingkan hanya melakukan penjiplakan karya orang lain,” ungkapnya.

Zacky mengungkapkan, maka dengan adanya UKW ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para wartawan agar menjadi profesional dan berimbang dalam pemberitaan. Sehingga dapat menghasilkan karya jurnalistik yang positif untuk masyarakat.

Untuk peserta UKW sendiri, sambung Zacky sebanyak 12 orang perserta. Dimana 12 perserta itu mengikuti UKW tingkat muda yang dibagi dua kelompok saat ujian berlangsung.

Wartawan senior di Bengkulu itu menjelaskan, UKW ini tetap mengedepankan protokol kesehatan salah satunya dengan membatasi jumlah peserta ujian. Pasalnya UKW ini dilakukan pertama kali di Bengkulu sejak pandemi covid-19.

“Peserta hanya 12 orang, kalau sebelum pandemi biasanya wartawan yang mengikuti UKW bisa mencapai ratusan orang,” ujarnya.

Sementara itu Plt Asisten l Setda Provinsi Bengkulu Supran, SH, MH yang hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu sangat mengapresiasi kegiatan uji kompetensi bagi wartawan tersebut. Hal itu guna meningkatan kompetensi dan inovasi wartawan agar ke depan para wartawan dapat menyampaikan informasi yang positif di tengah masyarakat Bengkulu.(HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*