Ketersedian Hewan Kurban Aman

ARGA MAKMUR, BE – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan DTPHP Kabupaten Bengkulu Utara (BU), memastikan stok ketersedian hewan kurban di Kabupaten BU, tahun ini aman. Dari data untuk tahun ini ketersedian Sapi berjumlah 8.552 ekor, Kambing berjumlah 5.792 ekor, Kerbau berjumalah 1.065 ekor dan Domba berjumlah 177 ekor.

Kepala DTPHP BU Kuasa Barus mengatakan, “Tahun ini stok ketersedian hewan kurban baik Sapi, Kambing dan Kerbau maupun domba aman. Dikarenakan untuk di Kabupaten BU setiap tahun stok hewan kurban meningkat terus, dan untuk tahun ini dipastikan aman.”

Barus menambahkan, terkait kebutuhan hewan kurban di Kabupaten BU. Dirinya mengaku belum bisamemastikan berapa kebutuhan yang dibtuhkan. Lantaran hingga saat ini belum mengambil data di setiap masjid dan pemerintahan, serta lembaga lainnya. Pada tahun lalu jumlah hewan kurban di BU, sapi 900-an ekor, Kambing 700-an ekor. Sedangkan untuk hewan kerbau juga sekitar 700-an ekor.

“Untuk kebutuhan herwan kurban belum dapat dipastikan. Apalagi saat dimasa pandemi covid 19 ini, belum tahu jelas ada peningkatan atau tidak,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kuasa Barus menuturkan, jumlah hewan kurban yang ada sangat mencukupi kebutuhan di wilayah Kabupaten BU. Bahkan sebagian besar dikirim ke luar daerah untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di daerah lain.

“Memang di Kabupaten BU peternak Sapi banyak, untuk tiap tahun juga Kabupaten Lebong, Benteng dan Kota Bengkulu banyak mebgambil dari kita,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan masalah hewan kurban ini, Kuasa Barus mengaku sudah memerintahkan petugas-petugasnya untuk melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban secara intensif. Baik hewan kurban yang dijual di pasar-pasar, maupun hewan kurban yang masih berada di kandang peternak.

”Kita harus memberi jaminan, hewan ternak yang menjadi hewan kurban nantinya benar-benar sehat. Bila dilakukan mulai sekarang, hewan ternak yang saat ini kurang sehat bisa diobati lebih dulu sehingga saat pelaksanaan Hari Raya Kurban nantinya sudah benar-benar sehat,” tandasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*