Ketersediaan Hewan Kurban di Mukomuko Ribuan Ekor, Jumlah Warga Berkurban Diprediksi Menurun    

Warsiman

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Ketersedian hewan kurban di Kabupaten Mukomuko, menjelang Hari Raya Idul Adha mencapai ribuan. Dari data yang disampaikan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, hewan kurban yang ada sampai H-3 jelang Hari Raya Idul Adha mencapai 1495 ekor. Terdiri dari sapi, kerbau dan kambing.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastiyono melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Warsiman mengatakan, ketersedian hewan kurban di Kabupaten Mukomuko sudah mencukupi. Hal ini, berdasarkan laporan dari petugas di lapangan.

“Jumlah ketersedian hewan kurban mencapai 1.495 yang terdiri dari 1.321 ekor sapi. Kemudian 34 ekor kerbau dan 140 ekor kambing. Jumlah tersebut mencukupi, karena sudah dijual ke luar daerah.” ujar Warsiman saat dikonfirmasi Senin (27/7).

Jumlah Warga Berkurban Menurun

Warsiman mengatakan, dari jumlah ketersedian hewan kurban terebut, pihaknya memperkirakan pemotongan hewan kurban tahun ini, tidak mencapai setengah atau hanya 600 ekor dari jumlah ketersedian hewan tersebut. Hal ini dimungkinkan akan mengalami penurunan dari tahun lalu.

Penurunan ini, dipengaruhi situasi saat ini, karena adanya Pandemi Covid-19 sehingga masyarakat yang melaksanakan kurban berkurang.

“Dari hasil kemarin kita di lapangan jumlah masyarakat yang akan berkurban  diperkirakan tahun ini mengalami penurunan dari tahun 2019 lalu.  Kalau tahun 2019 lalu ketersedian hewan kurban sekitar 1.300 ekor dan jumlah pemotongan hewan kurban sebanyak 1010 ekor. Dan tahun ini  ketersediaan hewan kurban 1.495 ekor perkiraan pemotongan hewan kurban sekitar 609 ekor. Namun lebih realnya setelah selesai Hari Raya Idul Adha atau pemotongan hewan kurban nantinya,” jelasnya.

Lebih lanjut Warsiman mengatakan, bahwa nantinya hewan kurban sebelum dilakukan pemotongan akan dilakukan pemeriksaan ksehatan untuk melihat sehat atau tidaknya hewan kurban terebut.

Sementara, untuk jumlah  petugas yang terlibat dalam pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban, berjumlah 18 orang. Sedangkan untuk jumlah titik lokasi pemotongan hewan kurban berjumlah 125.

“Untuk pelaksanaan kegiatan kurban didaerah ini kita sudah melakukan koordinasi ke pihak DPMD Mukomuko, Camat, Kades dan lainnya,” pungkas Warsiman.(en)