Kesbangpol Sebar Intelijen

Kepala Kesbangpol Benteng, Ayatul
=Foto : Kepala Badan Kesbangpol Benteng, Ayatul Muhtadin SHPantau Keberadaan Teroris

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Pasca penangkapan terduga teroris di Kota Bengkulu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mulai menyebarkan seluruh inteligen. Demikian ditegaskan Kepala Kesbangpol Kabupaten Benteng, Ayatul Muhtadin SH, Selasa (14/8) kemarin.

“Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kesbangpol Kabupaten Benteng telah kami bagi tugas untuk melakukan pengawasan di seluruh desa se-Kabupaten Benteng. Ini merupakan intelijen kami,” kata Ayatul.

Lebih lanjut, Ayatul mengatakan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan seluruh elemen. Mulai dari Kepala Desa (Kades), Camat serta aparatur penegak hukum (APH) di lingkungan Pemda Benteng, baik kepolisian maupun Badan Intelijen Negara (BIN) yang bertugas di Kabupaten Benteng.



“Terkhusus kepada Kades dan Camat, kami meminta agar melakukan pengawasan terhadap seluruh masyarakat. Terutama terhadap masyarakat yang baru masuk. Bukannya mencurigai, tapi kita memang harus waspada,” jelasnya.

Hasil pantauan dilapangan saat ini, Ayatul mengaku belum sama sekali mencium adanya gerakan mencurigakan. Baik dari pergerakan agama maupun kelompok masyarakat lainnya. “Pengawasan tidak akan kami hentikan. Jika ada masyarakat yang mengetahui ada indikasi pergerakan teroris, silahkan laporkan. Setelah itu, kami akan beraksi dan melakukan penyelidikan,” imbaunya Ayatul.

Selain menyebarkan inteligen, jelas Ayatul, pihaknya juga telah mengukuhkan pengurus dan anggota Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Benteng yang merupakan wadah untuk menyelesaikan permasalahan tentang aktivitas keagamaan. “FKUB diharapkan mampu menciptakan sikap saling toleransi antar beragama. Dengan saling menghargai dan menghormati, kerukunan agama akan menghasilkan situasi yang aman dan kondusif,” tutupnya.(135)