Kesbangpol Rancang Forum LSM

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Badan Kesatuan Bansa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berencana membentuk forum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kabupaten Benteng.Tujuannya untuk menyatukan visi dan misi LSM yang beraktivitas di Kabupaten Benteng. Yaitu, membantu pelaksanaan tugas pemerintah mulai dari Pemerintah Kabupaten hingga pelaksanaan kegiatan di Pemerintahan Desa.

“Saya harap, LSM bisa mengawasi kegiatan pemerintahan agar tugas pemerintah berjalan dengan baik. Sebab itu, perlu adanya forum LSM yang bisa memantau dan menjadi wadah bagi para LSM untuk bertukar pikiran dan lebih terkoordinir,” kata Kepala Badan Kesbangpol Benteng, Eka Nurmeini SE MPd usai acara pembinaan Ormas dan LSM, kemarin (26/9)



Selain itu, LSM juga bisa menjadi penyambung aspirasi masyarakat agar bisa disampaikan ke pemerintah.”Saya ingin ada pemikiran bahwa LSM tak menakutkan. Pola pikir seperti inilah yang harus diubah,” imbuhnya.Sementara itu, Kabid Kompolmas Badan Kesbangpol Benteng, Widodo SSos mengatakan hal senada.

Kesbangpol juga melakukan pendataan ulang terhadap keberadaan LSM dan Ormas di Kabupaten Benteng.Pendataan saat ini, kata Widodo, ada sebanyak 29 LSM atau Ormas yang beraktivitas di Kabupaten Benteng.

Dari keseluruhan, baru 10 LSM yang telah melakukan daftar ulang dan menyampaikan laporan kegiatan.Sebab itulah, Widodo berharap agar LSM segera menyampaikan berkas syarat perpanjangan izin.”Kami Badan Kesbangpol membuka pintu lebar-lebar bagi para LSM dan Ormas. Diharapkan semuanya sudah terdaftar dibulan Oktober agar pembentukan forum LSM terealisasi November 2019 ini,” demikian Widodo.(135)