Kesbangpol, Dirikan Posko Pemilu

Bakti/Bengkulu EkspressKabid Kompolmas Badan Kesbangpol Bengkulu tengah, Widodo SSos standby di posko pemantau pemilu di halaman kantor Badan Kesbangpol Bengkulu tengah, Senin (15/4).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah mendirikan posko pemantau pemilihan umum (pemilu) 2019, di halaman kantor Badan Kesbangpol, Senin (15/4) kemarin. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bengkulu tengah, Drs Sarman Bastari MSi melalui Kabid Kompolmas, Widodo SSos mengatakan, posko pemilu sengaja didirikan untuk memantau penyelenggaraan pemilu di seluruh desa se-Kabupaten Bengkulu tengah.

“Posko pemantau pemilu sengaja dirikan untuk menampung seluruh informasi yang berasal dari seluruh desa,” ungkap Widodo.

Untuk mendapatkan informasi akurat mengenai penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019, Widodo mengatakan pihaknya telah merekrut 1 orang setiap desa untuk melakukan monitoring. “Setelah direkrut, tim monitoring berkewajiban untuk menyampaikan situasi terkini dan ter-update yang ada di tingkat desa. Sehingga, semua kegiatan yang berkaitan dengan pemilu bisa dipantau dengan baik. Baik itu kegiatan kampanye selama masa tenang, praktik money politik ataupun kegiatan pelanggaran lainnya,” papar Widodo.



Selain untuk mendapatkan informasi seputar pemilu, pembentukan tim monitoring juga bertujuan untuk menghindari terjadinya polemik atau gejolak yang dapat mengganggu perhelatan pesta demokrasi tanggal 17 April 2019. “Jika terdapat indikasi polemik, tim monitoring wajib menyampaikan laporan ke Badan Kesbangpol Kabupaten Bengkulu tengah. Informasi yang diterima akan disampaikan dengan stakeholder terkait dan aparat penegak hukum (APH) agar semua ancaman gangguan pemilu bisa dibrantas,” demikian Widodo.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*