Kesbangpol Berikan Pendidikan Politik

Foto : Kabid Kompolmas, Widodo SSos
Foto : Kabid Kompolmas, Widodo SSos

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan memberikan pendidikan politik kepada seluruh masyarakat Benteng.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Benteng, Ayatul Muhtadin melalui Kabid Kompolmas, Widodo SSos menyampaikan, pendidikan politik akan diberikan secara bertahap di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Benteng.

“Pendidikan politik perlu dilakukan kepada seluruh masyarakat. Sesuai rencana, pendidikan politik pada tahun 2018 ini akan dilakukan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Benteng,” kata Widodo.

Dalam pelaksanaanya nanti, sambung Widodo, Badan Kesbangpol Kabupaten Benteng akan menggandeng anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Benteng serta unsur tripika, seperti aparat kepolisian dan anggota TNI.
“Pemberian materi akan dilakukan oleh Kesbangpol, angggota DPRD Kabupaten Benteng serta aparat penegak hukum,” tegasnya.

Lebih lanjut, Widodo mengatakan bahwa pendidikan politik merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemda Kabupaten Benteng dalam mendukung suksesnya perhelatan pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2019 mendatang.

Dimulai dari pemilihan anggota DPRD, DPR Provinsi, DPR RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Pendidikan politik perlu diberikan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya menggunakan hak suara serta menciptakan situasi yang aman dan kondusif dalam tahapan pemilu. Pemilih yang cerdas tentu saja akan menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas,” pungkas Widodo.(135)