Kesbanglinmas Kumpulkan Ormas dan LSM

KEPAHIANG, BE – Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kabupaten Kepahiang mengumpulkan sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), kemarin, di aula BKD & PP Kepahiang. Ormas dan LSM diajak ikut berkontribusi dalam pembangunan dengan mendukung program pemerintah yang dinilai baik.

Salah seorang pembicara dari Polres Kepahiang Aiptu Hendi Marianto SH menekankan persoalan keamanan. Ormas dan LSM juga harus mampu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian.

“Misalnya saja, jika ingin melakukan unjuk rasa karena ketidaksesuaian dengan visi misi pembangunan pemerintah daerah, haruslah memberi tahu kepolisian. Karena sudah aturan unjuk rasa harus ada izin,” kata Hendi.
Hendi juga menerangkan Ormas dan LSM dapat memberikan arahan kepada masyarakat agar dapat menjaga ketenteraman dan ketertiban.

“Peran Ormas itu banyak sebenarnya, memberikan arahan kepada masyarakat atau dengan program-program yang dapat memberikan pengetahuan tentang hukum dan sebagainya.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kadang ada rutinitas jaga malam. Nah, sayangnya waktu jaga malam itulah mereka mengambil tanaman jagung atau ubi warga lain dan dibakar bersama-sama, kalau seperti itu, mereka itulah yang tidak menjaga keamanan.

Mereka inilah yang perlu diberi pemahaman hukum, karena bukan hanya tugas polisi, namun tugas kita semua yang mengerti,” sampai Hendi.

Sementara itu, pembicara dari Dandim 0409 Rejang Lebong Kapt Handoko menerangkan bahwa jika ingin Kabupaten Kepahiang maju dengan pesat, maka perlu ada penyelarasan konsep. Jika itu tidak terjadi, maka akan menghambat pembangunan.

“Perlu ada keselarasan visi dan misi agar pembangunan dapat berjalan, baik mitra pemerintah seperti ormas dan LSM dan masyarakat pada umumnya,” terang Handoko.

Terpisah, Kepala Kesbangpolinmas Kepahiang Yasmidi menyampaikan jika dalam pelaksanaan rakor ini sendiri diikuti seluruh ormas dan LSM di Kepahiang dimana dalam catatan pihak Kesbangpolinmas terdapat sekitar 40 ormas dan LSM di Kepahiang saat ini.
“Pelaksanaan rakor ini guna menselaraskan pembangunan di Kepahiang saat ini antara pihak pemerintah dan LSM dan Ormas,” singkatnya.(505)