Kesadaran ASN Bayar Zakat Profesi Rendah

Ir M Yasin MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Hingga saat ini, masih banyak aparatur sipil negara (ASN) yang enggan membayar zakat profesi. Pasalnya, hingga saat masih banyak ASN yang belum bayar zakat profesi.

“Baru 1.400 ASN yang bayar zakat,” kata Wakil Ketua Baznas BS, Ir M Yasin MSi.

Dikatakan Yasin, jumlah ASN di lingkungan Pemda BS ada sekitar 4 ribu orang. Dari jumlah tersebut hanya 30 persen saja yang membayar zakat atau sekitar 1.400 orang. Dari jumlah tersebut ditambah lagi dengan yang membayar infak dan sedeqah, total dana yang terkumpul selama tahun 2020 lalu sebesar Rp 2,06 Miliar.

“Dana yang kami kumpulkan tidak capai target,” ujarnya.

Dijelaskan Yasin, untuk tahun ini, dari dua bulan yang sudah terkumpul yakni Januari dan Februari baru mencapai Rp 300 juta. Dengan jumlah yang terkumpul tersebut, dirinya pesimis, perolehan dana ZIS yang dikumpulkan tahun lalu tidak akan tercapai. Sebab jika perolehan dalam dua bulan ini menjadi patokan untuk sepanjang tahun 2021 ini, maka dana yang dikumpulkan tidak akan sampai seperti tahun lalu.

“Sepertinya dana ZIS yang akan terkumpul tahun ini akan berkurang dari tahun lalu,” bebernya.

Dijelaskan Yasin, dana hang dikumpulkan tersebut, pihaknya salurkan kepada penerima yang berhak. Adapun bentuk bantuan yang disampaikan ada berubah bea siswa miskin, bantuan modal usaha, peralatan pertanian, peralatan pertukangan hingga bedah rumah. Sehingga tahun ini, dirinya juga mengaku program yang akan diluncurkan akan seperti tahun 2020 lalu.

“Untuk penyaluran bantuan dua kali dalam setahun yakni bulan Juli dan Desember dalam setiap tahunnya,” terang Yasin. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*