Kerjasama Pemprov Bengkulu dan DKI

IST/Bengkulu EkspressGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menikmati kopi Bengkulu bersama Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah, di Balaikota Jakarta beberapa waktu lalu.

Awal April Dimulai

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Promosi potensi kopi di Jakarta membuahkan hasil. Rencananya pada awal April mendatang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan datang ke Bengkulu untuk menjalin kerjasama pemasaran kopi Bengkulu dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, Bengkulu sudah siap untuk bekerjasama dalam pemasaran kopi. Sebab, potensi kopi di Bengkulu sangat besar, bahkan menjadi provinsi produksi kopi terbanyak ketiga di Indonesia.



“Pak Anies menyambut baik, kerjasama ini. Kami masih siapkan untuk administrasi kerjasamanya,” terang Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (15/3).

Untuk mendukung promosi kopi Bengkulu di Jakarta itu, Pemprov Bengkulu telah meyediakan Bencoolen Rider dan Bencoolen Coffee Mobile di Jakarta. Fungsinya, agar promosinya lebih masif ke wilayah-wilayah di Jakarta.  “Kita sudah siapkan dua alat ini untuk membantu promosi,” tuturnya.

Bahkan, dengan dukungan dari Pemprov DKI, disetiap jalan protokol, telah diizinkan membuka outlet kopi Bengkulu. Tentu langkah ini sangat positif, agar kopi Bengkulu lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya di Jakarta, tapi juga sampai internasional.”Ini positif untuk Bengkulu,” tambah Rohidin.

Diterangkan Rohidin, secara nasional produksi kopi Bengkulu menempati urutan ketiga. Pada peta kopi Sumatera dikenal segitiga kopi, yaitu Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan. “Artinya Bengkulu memiliki potensi kopi yang menjanjikan,” bebernya.

Bahkan, lanjutnya, Bengkulu memiliki sekitar 72 ribu ton pertahun dengan 34 sampai 36 kepala keluarga yang bergerak di sektor tersebut. Hanya saja, posisi sekarang ada sekitar 34 ribu hektar berada di kawasan hutan lindung.
“Melihat potensi dan problem tersebut, pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah strategis agar kopi Bengkulu benar-benar mampu menggerakkan ekonomi masyarakat,” tutup Rohidin. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*