Kerbau Berkeliaran di Jalan Raya

BENTENG, BE – Hewan ternak berkaki empat seperti Kerbau, banyak bebas berkeliaran di sepanjang jalan raya Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Kondisi ini tentu sangat menganggu pengendara mobil dan sepeda motor yang melintas. Ironisnya lagi kerbau itu tak bisa diamankan. Begitu juga dengan pemiliknya tak bisa disanksi. Karena Benteng belum memiliki Peraturan daerah (Perda) Ketertiban umum.

Warga di Desa Taba Pasmah Rusdi mengaku sangat susah berkendara bila ada kerbau di jalan. Selain itu sebagian tanaman Ubi dan Jagung di pekarangan rumahnya banyak rusak, akibat dimakan oleh hewan ternak seperti Kambing dan Sapi. Rusdi pun tak tahu siapa pemilik ternak yang berkeliaran disiang hari itu.

“Sering Kambing masuk ke pekarangan dan kebun, merusak tanaman. Kerbau juga kadang beriringan memakan daun-daun pisang dan tanaman lain,” ujar Rusdi.

Kasatpol PP, Damsik mengatakan, tak bisa berbuat banyak, menertibkan hewan ternak yang berkeliaran itu. “Kita belum bisa bekerja maksimal, kalau dasar perintah untuk menertibkan hewan ternak itu yakni Perda belum keluar. Kita tidak mau menabrak aturan. Sudah ada Perda saja, orang masih mau melanggar, apalagi belum ada Perda. ”

Karenanya Damsik berharap DPRD Benteng secepatnya mengesahkan Perda yang mengatur tentang hewan ternak tersebut. (111)