Kerap Memangsa Ternak, Warga Kaur Tangkap Ular Piton

TANGKAP: Warga Desa Pajar Bulan saat menangkap ular piton yang terjebak di jaring pengaman dinding mesin padi warga setempat, Rabu (7/4).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Warga Desa Pajar Bulan Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur dibuat heboh dengan penangkapan ular piton sepanjang tiga meter, Rabu (7/4). Ular berukuran sebesar paha orang dewasa itu diduga menjadi biang kerok hilangnya ternak ayam milik warga setempat.

“Ular piton ini kami tangkap tadi karena kena jaring pengaman dinding mesin tutuk padi di belakang rumah,” ujar Amrul Hamidi (43), warga yang menangkap ular piton, Rabu (7/4).

Dikatakan Amrul, ular yang terkenal dengan lilitan mematikannya itu ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB dengan kondisi lapar dan diduga sedang mencari mangsa. Namun naas saat mencari mangsa ular itu malah terjebak di jaring pengaman tutuk padi warga. Melihat ular itu terjebak, warga setempat langsung menangkap ular itu lalu dimasukan ke dalam karung oleh warga.

“Ular itu masuk jaring itu mungkin karena lagi ngejar tikus dan waktu ditemukan ular itu sempat ingin mematuk kami. Tapi karena ada pawang ular sehingga ular itu bisa kami amankan,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebelumnya warga desa setempat mengaku sering kehilangan ternak. Mereka menduga, hilangnya ternak sejenis unggas karena menjadi santapan hewan melata. Terlebih, di desa itu sudah beberapa kali warga menemukan ular dengan ukuran yang terbilang besar.

“Memang beberapa hari ini ayam warga sering hilang. Juga selain sering makan ayam, kita juga takut ular ini berbahaya bagi anak kecil,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*