Kepsek Segera Dirotasi Massal

FOTO: Dedy Wahyudi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Wakil Walikota Dedy Wahyudi SE MM saat ini sedang melakukan penilaian kinerja terhadap Kepala Sekolah (Kepsek) baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Hal ini sebagai persiapan untuk digelar rotasi massal yang akan dilakukan dalam waktu dekat.” Beberapa itu ada yang sudah menjabat sampai 12 tahun bahkan 15 tahun dan proses pengkaderan kan juga perlu untuk guru-guru dibawahnya juga ingin berkarir sebagai Kepala Sekolah,” kata Dedy Wahyudi, kemarin (30/6).

Dijelaskannya, seiring dengan komitmen Pemerintah Kota untuk memajukan kualitas pendidikan di Kota Bengkulu, maka sudah saatnya dilakukan penyegaran ditingkat Kepsek, terutama sekolah yang selama ini minim prestasi, dan tidak ada progres kemajuan yang signifikan dari tahun ke tahun. Selain itu ia juga akan melihat apakah ada inovasi dalam metode belajar mengajar atau tidak.



“Managemen sekolah itu juga harus dipikirkan, bukan sekedar belajar mengajar saja. Tetapi bagaimana membuat sekolah itu nyaman bagi peserta didik,” ungkapnya.

Menurut Dedy, sekolah merupakan pusat dari kegiatan baik dibidang akademik, agama, budaya, sosial, kesenian dan segala macam. Maka diperlukan orang-orang yang memiliki ide dan gagasan yang tinggi serta semangat kerja yang besar untuk menunjukkan kemajuan sekolah yang dipimpinnya. “Kita betul-betul melakukan evaluasi itu secara profesional, tentu ini proses memberikan kesempatan kepada guru yang lain juga untuk berkarir,” terangnya.

Secara teknis Dedy belum bisa menyampaikan kapan waktu yang tepat untuk dilakukan rotasi-mutasi ini, karena mekanismenya tengah dibahas oleh BKPP, dan Baperjakat. Selain itu juga masih dilakukan rekapitulasi kepsek yang sudah menjabat cukup lama, sekaligus mencari guru-guru yang memiliki potensi dan kemampuan untuk diangkat sebagai Kepsek baru. “Kalau dalam penilaian kita Kepsek ini memiliki banyak prestasi bisa kita pertahankan, tapi kalau selama ini biasa-biasa saja maka perlu kita rotasi,” pungkasnya. (805)