Kepala Staf Kepresidenan Turun ke Bengkulu

RIO-AKSI BERSIH PANTAI ZAKAT WAGUB-IYF  (4)
Peserta IYF – Rio Susanto

BENGKULU,BE – Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan turun langsung ke Bengkulu. Ada apa gerangan? Ternyata kedatangan purnawirawan jenderal tersebut untuk menghadiri Indonesia Youth Forum (IYF).  Luhut akan memberikan wejangan kepada peserta IYF di Aula Serba Guna,  Pemerintah Provinsi Bengkulu, Minggu (10/05) pukul 08.00 WIB.

Wakil Gubernur Sultan B Najamudin membenarkan kedatangan Luhut Panjaitan, atas undangannya untuk memberikan ceramah kepada peserta IYF. Tema akan disampaikan Kepala Staf kepresidenan tersebut terkait dengan peran pemuda menghadapi perdagangan bebas Asean atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. “Beliau akan memberikan pencerahan dan menyampaikan gagasan-gagasan, sehingga dapat diterapkan oleh kalangan muda,” katanya.

Forum pemuda Indonesia tahunan kali ini melibatkan 300 pemuda yang berusia 16-22 tahun dari 31 provinsi di Indonesia yang telah berkontribusi di daerahnya. Kegiatan yang merupakan ajang pertukaran informasi, gagasan dan ide para pemuda Bengkulu dengan pemuda yang berasal dari 30 provinsi lainnya yang akan berlangsung hingga 11 Mei mendatang.

Bengkulu sendiri merupakan pertama kali menjadi tuan rumah untuk kegiatan IYF tersebut, karena sebelumnya dilaksanakan di Jakarta (2012), Bandung (2013) dan  Wakatobi (2014). IYF kali ini mengangkat tema Revolusi Karakter Pemuda Melalui Program Pemberdayaan dan Kewirausahaan Sosial Menghadapi Komunitas Asean dan SDGs.

Sultan  menyampaikan bahwa dipilihnya Bengkulu sebagai tuan rumah menjadi kebanggaan besar sejarah bagi Provinsi Bengkulu. Mengingat Bengkulu juga menjadi tuan rumah pada perhelatan Asia Japan Youth Forum (AJYF) beberapa bulan lalu.

“Sejarah Bengkulu menjadi tuan rumah acara ini tidak bisa lepas dari tokoh proklamator dan ibu negara pertama Indonesia. Saya yakin lahir Soekarno-Soekarno baru dari pemuda yang ada dalam ruangan ini,” kata Sultan. (100)