Kepala DPKD Diminta Tidak Asal Tuding

MUKOMUKO, BE – Ucapan Kepala Dinas Pendapatan Dinas Pendapatan dan Kekayaan Daerah (DPKD), Ir Kasmidi Kasim, 2 Oktober lalu di halaman parkir Sekretariat DPRD Mukomuko tepatnya usai paripurna penyampaian laporan panitia khusus (pansus) aset daerah yang tidak terima dibilang data-data aset daerah amburadul dan mengatakan DPRD yang amburadul mendapatkan jawaban keras dari para anggota DPRD khususnya dari Ketua Komisi III Hermansyah SKom MKom.

Politisi Hanura itu  meminta supaya Kepala DPKD menarik kata-kata tersebut sehingga tidak terjadi polemik yang berkepanjangan. “Saya hargai atas emosi yang dilakukan Kepala DPKD itu. Tetapi emosinya itu jangan diluapkan dan menuding ke lembaga DPRD, itu salah alamat. Yang seharusnya  hanya ditujukan kepada Panitia Khusus (pansus) saja. Jika sudah beginikan lembaga yang dalam arti luas seluruhnya dikatakan amburadul termasuk saya,” ujarnya.
Sementara itu Wakil Ketua DPD Golkar Mukomuko, Muslim Chaniago sangat menyayangkan apa yang telah dilakukan oleh seseorang pejabat daerah tersebut.

“Seharusnya seorang pejabat tidak meluapkan emosinya di tengah-tengah umum. Jika memang tidak puas atas apa yang disampaikan pansus aset, maka pejabat tersebut harus menyampaikan dan memberikan argumentasi yang logis. Pemda tidak berhak untuk komplain melainkan harus menyampaikan data-data atau penyampaian yang logis tentu DPRD tidak akan mempersoalkan hal tersebut,” sarannya.

Menurut Muslim, DPRD memiliki kewenangan untuk meminta data-data aset milik Pemkab Mukomuko. Karena salah satu tugas dan fungsi DPRD adalah pengawasan. “Sudah seharusnya DPRD harus mengetahui data-data asset milik Pemkab Mukomuko. Hal tersebut menunjukan bahwa fungsi DPRD yang terhormat itu berjalan dengan baik,” katanya.

Muslim juga memberikan support kepada pansus asset daerah untuk tidak berhenti ditengah jalan. “Pansus diharapkan terus menjalankan pekerjaannya. Sehingga akan diketahui sangat jelas asset milik Pemkab Mukomuko yang selama ini diindikasi kuat banyak yang menghilang,” ungkapnya.
Sayangnya Kepala DPKD Kabupaten Mukomuko Ir Kasmidi Kasim belum dapat dikonfirmasi. Ketika wartawan mencoba mendatangi ke kantornya orang yang bersangkutan tidak berada di tempat. “Bapak lagi dinas luar,” aku salah seorang staf DPKD Kabupaten Mukomuko saat ditanyai wartawan. (900)