Kepala Daerah Tak Perlu Malu Tiru Jokowi-Ahok

sam-bimboJAKARTA – Penyanyi legendaris Sam Bimbo diam-diam mengagumi cara yang dilakukan Joko Widodo dan pasangannya Basuki Tjahja Purnama, dalam memimpin DKI Jakarta. Saking kagumnya, ia meminta para kepala daerah tidak perlu malu meniru apa yang dilakukan pasangan berakronim Jokowi-Ahok memimpin daerahnya.
“Contohnya, mereka membuat gebrakan dengan mengumumkan pengerjaan proyek-proyek yang ada di Jakarta secara terbuka. Ini mereka lakukan, karena berambisi menjadikan Jakarta yang punya citra,” katanya kepada JPNN di Jakarta, Minggu (16/12).

Selain itu kata dia, Jokowi juga melakukan pekerjaannnya dengan gerak angat terbuka dan secara terus menerus turun ke tengah-tengah masyarakat bawah. Hal ini menurut Sam, benar-benar patut diacungi jempol. Karena dengan demikian, rakyat menjadi tahu hal-hal apa saja yang dikerjakan dan kemana anggaran mengalir. Apalagi kemudian Jokowi-Ahok berani memangkas berbagai anggaran yang dinilai mubajir.

“Jadi apa yang mereka kerjakan, bisa menjadi contoh nyata bagi kepala daerah lain. Karena memang rakyat sekarang ini mengerti, pemimpin itu harus terbuka. Nuruti yang benar nggak usah malu untuk meniru,” katanya.

Sam yakin, banyak pemimpin di Indonesia saat ini yang sebenarnya dapat melakukan seperti yang Jokowi-Ahok lakukan. Namun sayangnya, banyak yang tidak mau melakukannya. “Saya pikir kalau semua putra-putri Indonesia mau, semua bisa cepat. Sekarang coba kita lihat, itu tambang-tambang emas banyak digerus. Hutan kita yang sangat luarbiasa, diekspolrasi dengan tidak bertangungjawab,” pungkasnya. (gir/jpnn)