Kepala BPS Turun Tangan

SENSUS
BAKTI/Bengkulu Ekspress. SENSUS : Kepala BPS Benteng Tina Wahyufitri saat mengawasi pelaksanaan sensus ekonomi di Kecamatan Talang Empat, kemarin.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tampak bekerja keras untuk mengejar target mendata pelaku usaha dan masyarakat pada Sensus Ekonomi 2016 ini. Sebab, hingga minggu ke 3 Mei ini, sensus di Benteng baru mencapai 55 persen.

Untuk mengejar target tersebut, Kepala BPS Benteng Tina Wahyufitri pun langsung ke lapangan untuk mengawasi para petugas sensus dalam menjalankan tugasnya. Terlebih progres sensus ini dipantau setiap hari oleh BPS RI dan BPS Provinsi Bengkulu.

“Kami mendapat instruksi agar lebih banyak bersama petugas guna membantu kesulitan yang dialaminya di lapangan, memotivasi dan memastikan petugas melakukan sensus sesuai dengan standar operasi prosedur,” kata Tina.

Sejauh ini, Tina mengaku respon masyarakat terhadap sensus tersebut sangat baik. Hal itu berkat imbauan pemerintah daerah dan para tokoh masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah.
Diakui Tina, saat ini penyelesaian kegiatan lapangan telah mencapai 55 persen. Dari total 10 kecamatan se-Kabupaten Benteng, kecamatan yang hampir tuntas dilakukan sensus adalah Kecamatan Pematang Tiga

Meski waktu yang tersisa hanya tinggal 13 hari lagi, Tina mengaku optimis bahwa sensus ekonomi di Kabupaten Benteng akan selesai sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Kami yakin sensus akan tuntas hingga batas waktu yang telah ditentukan, yakni hingga tanggal 31 Mei ini,” pungkasnya.

Selain itu, Tina juga menyampaikan bahwa tidak semua rumah tangga akan didatangi petugas. Hal itu dikarenakan adanya pemotongan anggaran sensus yang dilakukan secara nasional.

“Menjelang penyelesaian kegiatan sensus ekonomi, kami semakin memperketat pengawasan. Saya berharap kepercayaan masyarakat kepada BPS semakin meningkat dengan banyaknya tanggapan-tanggapan positif yang disampaikan oleh responden yang telah didatangi petugas. Kami mohon karena pendaftaran usaha pada sensus ekonomi ini hanya sampai tanggal 31 Mei dan dilaksanakan sepuluh tahun sekali, maka bagi pelaku usaha maupun masyarakat yang kami datangi diharapkan dapat menerima petugas dan memberikan informasi yang sebenarnya,” demikian Tina.(135)