Kepahiang Miliki 1300 Produk UMKM

Ist/BE
Wabup Kepahiang, Zurdi Nata mengecek pameran produk UMKM Kabupaten Kepahiang.

KEPAHIANG,bengkuluekspress.com – Kabupaten Kepahiang memiliki 1300 produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang digeluti oleh masyarakat lokal. Produk-produk UMKM itu tentunya memiliki potensi besar untuk dapat dipasarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang ke tingkat nasional. Sehingga bisa menimbulkan pasar tersendiri bagi pelaku usaha.
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kepahiang, Husni Thamrin SE mengakui, jika ada 1300 pelaku UMKM yang memiliki produk usaha. Meskipun produk yang dihasilkan masih variatif sama diantara UMKM, karena pelaku usaha kecil di Kabupaten Kepahiang kebanyakan memproduksi marning, keripik hingga kopi bubuk yang memang bahan bakunya banyak tersedia.
“Kalau pelaku UMKM ada 1300-an, mereka juga memiliki produk yang dapat dipasarkan,” ungkap Husni.

Husni mengatakan, pemerintah terus berupaya agar produk UMKM Kabupaten Kepahiang bisa menembus pasar nasional. Berbagai tindakanpun telah dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM. Diantaranya mendorong para pengusaha ritel yang ada agar bisa menyediakan tempat untuk produk lokal.
“Pemerintah terus mendorong pengusaha ritel dapat memasarkan produk UMKM kita,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, pemerintah juga mendorong pelaku UMKM supaya dapat melengkapi izin usaha serta membuat kemasan produk UMKM dengan ciri khas yang ada daya tariknya. Supaya dapat menarik minat para pengusaha untuk membeli produk lokal. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*