Kepahiang Butuh 600 Guru

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang membutuhkan tambahan sebanyak 600 guru. Kekurangan tenaga pendidik tersebut terjadi untuk tingkat PAUD, TK, SD dan SMP. Kekurangan itu diharapkan dapat ditutupi dengan adanya rekrutmen tenaga guru, baik melalui jalur PPPK atau CPNS.
Kadis Dikbud Kepahiang, Dr Hartono MPd menjelaskan, sejauh ini masih banyak sekolah negeri di Kabupaten Kepahiang tidak memiliki guru mata pelajaran. Ataupun masih ada sekolah yang tenaga gurunya merangkap dalam mengajar khusus didaerah yang berjarak cukup jauh dengan pusat perkotaan.
“Berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan yang dilakukan, masih banyak sekolah yang membutuhkan tambahan tenaga pendidik mulai tingkat PAUD, SD dan SMP,” ungkap Hartono.

Dijelaskan Hartono, kekurangan guru atau tenaga pendidik mulai dari PAUD sebanyak 115 orang Sekolah Dasar sebanyak 100 orang dan SMP sebanyak 29 orang ini belum oprator, TU dan penjaga sekolah.
“Analisa kebutuhan itu sudah kita sampaikan kepemerintah daerah, agar dapat diperjuangkan kedepan sehingga tidak ada sekolah yang mengalami kekurangan guru,” ucapnya.

Lanjutnya,  pihaknya terus mengupayakan dan mencari solusi atas persoalan kekurangan guru ini, dengan mengajukan kuota penambahan formasi guru pada seleksi CPNS yang rencananya akan digelar Pemerintah Kabupaten Kepahiang pada 2021 ini. Selain itu, opsi lain yang diharapkan adalah peluang perekrutan tenaga pengajar dari rekruitmen PPPK yang juga rencananya akan digelar oleh pemerintah pusat pada tahun ini.(320).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*