Kendala Teknis, Lelang Kernas Ditunda

Kendaraan Dinas yang akan dilelang berada di halaman kantor Pemkab BU.
Kendaraan Dinas yang akan dilelang berada di halaman kantor Pemkab BU.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Akibat kendala teknis, lelang sebanyak 46 kendaraan dinas (kernas) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terpaksa ditunda. Akibatnya, lelang kembali diagendakan pada tanggal 5 Maret 2018 nanti. Sedangkan, pengumuman lelang harus sudah diterbitkan lusa (25/2).

‘’Memang ada kendala teknis. Karena, pengumuman lelang tidak terbit di media massa. Akibatnya, pihak KPKNL membatalkan pelaksanaan lelang yang harusnya sudah diumumkan pada tanggal 21 Februari lalu,’’ ujar Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Terkait itu, ia menambahkan sudah berkoordinasi kembali dengan KPKNL, sehingga mendapatkan jadwal ulang pelaksanaan lelang. Maka, ia berharap tidak ada lagi perubahan jadwal lelang tersebut.

‘’Intinya kendaraan yang akan dilelang itu harus sudah diumumkan di media cetak pada tanggal 25 Februari ini. Karena, itu syarat yang harus dipenuhi,’’ ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bagi masyarakat yang ingin mengikuti lelang dapat melihat kondisi kendaraan di halaman kantor Pemerintah Daerah (Pemda) BU pada hari kerja. Kemudian, dapat berkoordinasi dengan panitia lelang yang ada di BPKAD.

‘’Silahkan cek kondisi kendaraan di halaman Pemda BU, bagi peserta yang ingin ikut lelang,’’ terangnya.

Disamping itu, ia mengajak agar seluruh masyarakat Kabupaten BU dan Provinsi Bengkulu untuk dapat mengikuti lelang terbuka secara online. Karena, setiap peserta yang mengikuti lelang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat memenangkannya.

‘’Masyarakat seluruh Kabupaten Bengkulu Utara dan Provinsi Bengkulu dapat mengikuti lelang secara online melalui situs www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id,’’ tuturnya.

Sebelumnya, Kasubbid Inventarisasi dan Pengapusan Yos Sudarso SSTP MM menyebutkan persyaratan lelang, yakni peserta mendaftar terlebih dahulu melalui website. Selanjutnya, melampirkan fotocopy KTP, NPWP, nomor rekening, sekaligus membayar uang jaminan sebesar 30 persen dari nilai limit kendaraan yang dilelang.

‘’Waktu lelang hanya 3 jam, yakni dari pukul 09.00 Wib pagi hingga 11.00 Wib. Setelah itu, siapa penawaran tertinggi akan menang dan langsung diumumkan,’’ pungkasnya.(816)