Kenali Gejala Karies Gigi dan Cara Pencegahannya

BENGKULU, BE – Gigi ialah satu satunya organ manusia yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri. Maka dari itu diperlukan pemahaman untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satunya ialah karies gigi yang terjadi ketika kurangnya mineral pada gigi.
Karies Gigi ialah penyakit yang menyerang lapisan permukaan gigi yang apabila dibiarkan dapat meluas sampai ke lapisan saraf gigi. “ Karies Gigi ialah penyakit yang berbeda dengan Karang Gigi, karena Karies Gigi adalah permukaan gigi sedangkan Karang Gigi ialah penambahan struktur luar gigi hingga mengubah ketebalannya,” ucap Drg. Tuty Fadhilah, Dokter Gigi Praktek di Jalan Danau, Panorama, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu saat dijumpai BE, Kamis (29/10).
Gejala pada Gigi yang terkena Karies memiliki berbagai ciri dan tingkatan serta efek yang ditimbulkan. Dan yang perlu diluruskan adalah, Karies Gigi ialah penyebab dari munculnya gigi berlubang. ” Ketika Karies Gigi tergolong masih dini, yang terjadi ialah terdapat lesi atau bercak putih pada gigi, lalu ada pula kavitas atau celah celah pada permukaan gigi disertai . Lalu ketika Karies Gigi telah akut, ditandai dengan gigi yang berlubang disertai nyeri dan bau mulut,” tambahnya.
Faktor faktor penyebab Karies Gigi dibagi menjadi 3 yaitu Host, Agent, dan Time. Host ialah faktor genetika yang mempengaruhi karakter gigi sehingga berbeda beda strukturnya pada masing masing orang, Kedua adalah Agent atau faktor luaran gigi berupa makanan atau bakteri akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi. Lalu ada Time, yaitu lama waktu sisa makanan yang mengendap pada sela sela gigi.
Pencegahan Karies Gigi dapat dilakukan dengan mengubah pola sehat perawatan gigi, makanan dan tidak takut memeriksakan secara rutin ke dokter mengenai langkah apa yang sebaiknya diambil, “ Karies gigi dapat ditangani dengan kebiasaan sikat gigi, mengurangi makanan manis, dan jangan ragu untuk rutin periksakan diri ke dokter,” ujarnya.
Karies Gigi sering dikait kaitkan dengan anak kecil, Tetapi sebenarnya kebanyakan penyakit yang menyerang gigi bukanlah disebabkan faktor usia tertentu, melainkan kebiasaan saat menjaga gigi serta faktor genetika yang menjadi kunci utamanya, “ Penyakit Karies Gigi dan penyakit pada gigi lainnya amat kecil kemungkinan disebabkan faktor usia, sebab yang membedakannya ialah cara perawatan dan kebiasaan saat makan dan minum sehari hari, bisa juga melalui karakter gigi yang diturunkan oleh orang tua,” tutupnya. (Mg2)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*