Kenaikan Pangkat Berpatokan DP3

ARGA MAKMUR, BE – Dalam rangka meningkatkan kinerja para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, tahun 2014 mendatang akan ada penetapan daftar penilaian pegawai (DP3) yang akan segera disosialisasikan di tahun 2013 mendatang. Sosialisasi itu dilakukan untuk seluruh SKPD yang ada.

“Selama ini DP3 tidak terlalu berpengaruh, namun untuk peningkatan kinerja maka akan ditetapkanlah DP3 sebagai upaya pengingat para PNS maka akan disosialisasikan di tahun 2013 mendatang, dan ini berlaku untuk semua PNS yang ada di Indonesia tanpa terkecuali,” papar kepala BKD BU, Dullah SE.

Ia juga menjelaskan terkait fungsi DP3 tersebut akan berpengaruh kepada kenaikan pangkat pegawai, atau penurunan pangkat secara berkala, atau tidak ada promosi pangkat kepada yang bersangkutan jika DP3 pegawai rendah. Sehingga semua pimpinan saker harus tegas dan memberikan capaian target kepada pegawai hingga berhasil dan benar-benar mengingatkan PNS untuk tidak bermalas-malasan lagi. “Jika masih ada yang bermalasan dengan alasan yang tidak tepat, harus siap dengan konsekuensinya,”
jelasnya.

Mengenai penilaian DP3  harus ada tolak ukur dengan capaian satu target yang telah ditetapkan sebelumnya.Sehingga sistem akan menjadi penilaian dengan konsekuensi yang harus diterima karena PNS merupakan pelayan masyarakat yang diharapkan bekerja dengan sebaik-baiknya sehngga DP3 itu sendiri dapat tercapai dengan baik.”Untuk kenaikan pangkat harus dilaporkan DP3 dua tahun terakhir,” tukasnya.(117)