Kenaikan Harga Emas Antam tak Pengaruhi Harga Emas Perhiasan di Toko Nia Jaya

 

Toko Emas Nia Jaya, Pasar Minggu Baru Blok F No.1 Kota

BENNGKULU, bengkuluekspress.com – Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Senin (31/8) berada di angka Rp 1.03 juta per gram. Angka tersebut naik Rp 3 ribu jika dibandingkan harga emas pada Sabtu (29/8). Namun, kenaikan harga ini tidak mempengaruhi harga perhiasan Emas di Toko Nia Jaya.

“Kenaikan harga emas Antam tidak mempengaruhi harga emas di toko saya, karena kenaikannya tidak terlalu signifikan. Untuk mengatasinya saya hanya mengurangi kadar emas dalam perhiasan agar tidak rugi,” ujar Pemilik Toko Mas Nia Jaya Okta Fauzan (23).

Harga emas di Toko Nia Jaya, perhiasaan emas 24 karat dengan kadar 94 persen dijual dengan harga Rp 800 ribu per gram. Sementara emas muda 20 karat dengan kadar 75 persen dijual dengan harga Rp 300 ribu per gram.
Okta mengatakan, ia menjual dengan harga standar. Masih ada harga yang lebih rendah dan lebih tinggi tergantung dengan jenis perhiasan, kadar emas dan beratnya.

Untuk harga buyback atau harga yang didapat jika pembeli menjual kembali emas akan dikenakan potongan Rp 20 ribu per gram. Jika barang yang dijual dalam kondisi rusak namun masih dapat diperbaiki, maka akan dikenakan biaya perbaikan di samping harga potongan normal.

Namun, jika barang tersebut tidak memungkinkan untuk diperbaiki sebab terlalu parah kerusakannya maka akan diberikan harga emas leburan pada pihak pembeli.

Pemilik toko emas yang belokasi di Pasar Minggu Baru Blok F No.1 Kota Bengkulu ini mengatakan saat ini masyarakat kebanyakan menjual emas ketimbang membeli. “Kenaikan ini mencapai 70 persen. Hal ini disebabkan karena pendapatan masyarakat yang turun akibat wabah virus corona yang membuat masyarakat menjual emas untuk mencukupi kebutuhan hidup,” pungkasnya. (Mg6)