Kemiskinan di Bengkulu Utara Menurun

-Foto Kepala Dinsos Bengkulu Utara Ir Suharto Handayani

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), tingkat kemiskinan di daerah tersebut dari tahun ke tahun mengalami penurunan.  Disampaikan Kepala Dinsos Bengkulu Utara, Ir Suharto Handayani, terhitung di tahun 2016 angka kemiskinan 13, 67%, tahun 2017 13, 11% dan ditahun 2018 11, 81%.

“Ya, dari data kita mulai dari tahun 2016 hingga tahun 2018 mengalami penurunan,” kata Suharto ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (8/2).

Suharto menambahkan, penurunan angka kemiskinan tersebut tidak terlepas dari kinerja SKPD atau stokholder terkait yang mempunyai program-program yang pro rakyat. Program tersebut adalah program keluarga harapan (PKH) program beras sejahtera (Rastra). “Penurunan ini karena hasil dari program-program yang ada seperti PKH dan Rastra,” ujarnya.

Lebih lanjut Suharto menyampaikan, untuk tahun 2019 sesuai dengan petunjuk Bupati Bengkulu Utara pihaknya menargetkan tingkat kemiskinan turun di angka 9, 9 %. Itu artinya pihak Dinsos Bengkulu Utara harus bisa menurunkan angka kemiskinan sebesar 1, 9 %.

“Instruksi dari Bupati BengkuluU, Ir H Mian untuk di tahun ini target kita untuk tingkat kemiskinan harus diangka 9,9%,” ungkapnya.

Untuk itu Suharto berharap, kepada seluruh SKPD untuk bisa membuat program-program yang bersifat pro rakyat miskin,agar angka kemiskinan di kabupaten Bengkulu Utara bisa lebih di tekankan lagi. “Kita berharap untuk mencapai target tersebut, kepada seluruh SKPD untuk bisa membuat program yang lebih pro rakyat miskin, agar apa yang diinstruksikan pak Bupati bisa tercapai,” tukas Suharto.(127)