Kementerian Bantu 40 Unit Kendaraan

KOTA BINTUHAN, BE – Tahun ini Kabupaten Kaur kembali mendapatkan bantuan dari Kementerian Perbangunan Daerah Tertinggal (KPDT) berupa 40 unit kendaraan dengan rincian 2 unit truk, 23 roda dua jenis Honda, dan 15 roda tiga jenis Viar.

Saat ini kendaraan itu sudah terparkir di parkiran Dinas Perhubungan Informasi dan komunikasi (Dishuinfokom) Kaur. Namun untuk 23 unit motor jenis honda masih menunggu pengirimannya dari pusat, sedangkan 2 truk dan 15 roda tiga sudah sampai ke Kaur.

“Dua truk tersebut saat ini satu unit dirumah dinas bupati, kemudian satu unit untuk angkutan anak sekolah desa terpencil,” ujar Kepala Dinashubinfokom Kaur Edwar Beny SH, kemarin.

Dikatakan Edwar, sedangkan untuk 15 unit motor roda tiga dalam waktu dekat segera dibagikan ke desa-desa yang dianggap tertinggal di Kaur. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan administrasi yang harus dipenuhi sebelum dibagikan kepada sejumlah desa tertinggal. Namun Desa atau kecamatan itu harus membuat kelompok, kemudian akan dilakukan verifikasi dengan baik.

“Ada sejumlah desa atau kecamatan yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat itu. Desa atau kecamatan mana saja yang akan mendapatkannya kita lihat saja nanti, namun kemungkinan satu kecamatan satu unit,” jelasnya.

Sedangkan 23 unit motor jenis honda itu, lanjutnya, akan dikelola sepenuhnya oleh organisasi atau lembaga yang ada di desa tersebut. Dana operasional menjadi  tanggung jawab pengelola. “Motor itu dikhususkan untuk membantu transportasi masyarakat di desa tertinggal.  Seperti untuk membawa barang dan lainnya. Dan untuk harga atau tarif angkutan itu  berdasarkan kesepakatan bersama di desa,” jelasnya.

Sementara itu, semua motor dan truk tersebut merupakan bantuan KPDT harus dijaga dengan baik. “Saat ini satu truk sudah dimanfaatkan untuk angkutan jumputan anak sekolah di desa terpencil, seperti Bukit Indah, Sidorejo, Datar Selapah dan Pasar Jum’at,” jelasnya.(823)