Kemensos Salurkan Bantuan Rp 1 Miliar

BIMTEK : Pengurus KUBE saat mengikuti Bimtek sebelum dana bantuan dari Kemensos RI disalurkan, di aula kantor Camat Pondok Kelapa, Kamis (15/8).

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 50 kelompok usaha bersama (KUBE) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendapat bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI tahun 2019 senilai Rp 1 miliar.

“Setiap Kube nantinya akan mendapat bantuan dana senilai Rp 20 juta. Total anggaran yang dikucurkan untuk 50 KUBE di Kabupaten Benteng sebesar Rp 1 miliar,” ungkap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Benteng, Lili Trianti, usai menghadiri kegiatan Bimtek kepada KUBE penerima bantuan, di aula kantor Camat Pondok Kelapa, kemarin (15/8).

Dari seluruh penerima, kata dia, 50 KUBE tersebar di 5 kecamatan se-Kabupaten Benteng. Yaitu, di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, Kecamatan Taba Penanjung, Kecamatan Karang Tinggi, Merigi Sakti dan di Kecamatan Merigi Kelindang.

Laporan dari pendamping KUBE, terang Lili, kegiatan KUBE bervariasi. Dimulai dari usaha sewa tenda dan kursi, usaha ternak kambing hingga usaha menjahit. Sebelum bantuan disalurkan, kata Lili, seluruh pengurus KUBE wajib mengikuti Bimtek yang dihadiri langsung oleh Kasi Pendampingan Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah I Kemensos RI, Heri Sijarno.

Selanjutnya, papar Lili, penyaluran bantuan akan dilakukan secara non tunai ke rekening masing-masing KUBE. Penggunaannya juga akan diawasi secara ketat. Sehingga, anggaran yang dikucur bisa dimanfaatkan secara tepat sasaran dan tepat manfaat.

“Penggunaan dana bantuan harus dilaporkan secara rinci. Sebab itulah, hari ini kami mengundang seluruh ketua, sekretaris dan bendahara KUBE penerima bantuan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Lili menyampaikan, penetapan KUBE penerima bantuan dilakukan setelah melalui tahapan seleksi ketat. Semua KUBE juga terdaftar secara resmi dan tercatat dalam basis data terpadu (BDT). “Semua KUBE harus jelas usaha dan kegiatannya. Selain itu, uang yang diberikan harus berkembang dan tak boleh habis begitu saja. Apalagi dibagi-bagikan kepada seluruh pengurus KUBE,” jelasnya.

Disisi lain, sambung Lili, Dinsos Kabupaten Benteng juga akan memperjuangkan agar KUBE dari 6 kecamatan lain bisa mendapat perhatian serupa. “Kami mengimbau kepada pendamping KUBE agar aktif melakukan pendampingan dan menyampaikan proposal usulan. Sehingga, kelompok lain juga bisa mendapat bantuan,” harap Lili.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*