Kemensos Rehab 80 Rumah Warga Miskin

Drs Heriyadi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Selatan (BS), Drs Heriyadi mengatakan, pada tahun 2018 ini, pihaknya mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat melalui kementerian sosial (Kemensos). Dana tersebut untuk program bedah rumah bagi rumah tangga tidak layak huni (RTLH). “ Tahun ini dari Kemensos akan merehab 80 rumah tidak layak huni di BS,” katanya.

Heriyadi mengatakan, ke-80 rumah tersebut tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah BS. Adapun besaran dananya masing-masing rumah sebesar Rp 15 juta. Dengan begitu, total anggaran bedah rumah ini mencapai Rp 1,2 Miliar. Untuk pelaksanaannya, penerima program ini dibagi dalam 8 kelompok.Masing-masing kelompok ada 10 anggota.



“ Dana ini langsung masuk ke rekening kelompok,” ujarnya.

Heriyadi menjelaskan, dana dari Kemensos ini masuk ke rekening kelompok penerima program akhir November ini hingga awal Desember. Sehingga pada Desember ini sudah bisa dilaksanakan. Bahkan ditargetkan dalam satu bulan ini, program tersebut selesai. “ Waktu pelaksanaan program ini hanya satu bulan hingga akhir Desember,” imbuhnya.

Selanjutnya, sambung Heriyadi teknis pelaksanaan bedah rumah, diserahkan pada masing-masing penerima program bersama kelompok mereka. Hanya saja, dirinya mengimbau, agar pelaksanaan pembelian material diserahkan pada masing-masing penerima program. Sebab dikhawatirkan nanti, ada saling curiga sesama anggota kelompok. Sehingga dapat mengganggu jalannya pelaksanaan program.

“ Ayo kita awasi program ini, jangan sampai ada penyelewenangan, sebab tujuan dari program ini untuk membantu warga miskin memiliki rumah layak huni,” tandas Heriyadi. (369)