Kemenkes Izinkan Lab Swab RSUD Curup

Ary/BE
Bupati Rejang Lebong, A Hijazi saat mengecek kesiapan laboratorium untuk pemeriksaan hasil swab RSUD Curup yang sudah mendapat izin operasi dari Kemenkes, Selasa (16/6).

CURUP, Bengkuluekspress.com – Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi mengungkapkan, izin operasional laboratorium pemeriksaan hasil swab RSUD Curup sudah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Alhamdulillah saat ini izin operasional laboratorium ini sudah keluar, sehingga kita diperbolehkan untuk melakukan uji swab,” sampai Bupati saat meninjau langsung laboratorium RSUD Curup, Selasa (16/6).

Untuk memastikan bahwa laboratorium RSUD Curup tersebut siap, Bupati mengecek langsung satu persatu ruangan yang ada di laboratorium tersebut.

Mulai dari ruang istirahat para dokter, ruangan pengumpulan sampel swab, kamar operasi untuk pasien COVID-19 dan ruangan isolasi bertekanan negatif.

“Saat ini kita sudah siap, mulai dari peralatan, SDM hingga ruangannya semua sudah siap,” tambah bupati.

Hanya saja, meskipun izin operasional laboratorium tersebut sudah siap, namun pemeriksaan untuk hasil swab sendiri belum bisa dilaksanakan.

Karena menurutnya saat ini masih dibutuhkan alat konfersi berupa cartridge Tes Cepat Molekuler belum ada. Saat ini, menurut bupati, pihak RSUD Curup masih menunggu alat tersebut dari Kemenkes. Bila alat tersebut sudah tiba, maka langsung dioperasikan.

“Meskipun izinnya sudah dikeluarkan Kemenkes, kita belum bisa melaksanakan uji hasil swab karena cartridge untuk tes belum ada yang saat ini masih menunggu kiriman dari Kemenkes. Bila cartridge sudah ada, maka laboratorium ini akan langsung kita operasikan,” tutup bupati.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*