Kemenag Pantau Madrasah di Bengkulu Jelang New Normal

Foto IST/ BE – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Pd memantau sejumlah Madrasah dalam wilayah Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Kamis (4/6) memantau sejumlah Madrasah dalam wilayah Kota Bengkulu. Pemantauan yang dikemas dalam bentuk inspeksi mendadak (Sidak) itu, dilakukan dalam rangka melihat kesiapan masing-masing, madrasah terkait kebijakan akan diberlakukannya New Normal.

“Pengecekan yang kita lakukan agar bisa mengetahui sejauh mana persiapan masing-masing madrasah atas akan diberlakukannya kebijakan New Normal,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar MS, M.Pd.

Menurutnya, persiapan penting dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19, khususnya di lingkungan madrasah. Mulai dari persiapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga pendidik di madrasah, hingga menggali persiapan para siswa ketika nanti kegiatan belajar mengajar (KBM) kembali aktif di madrasah.

“Tentu saja persiapan itu harus tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19. Seperti menyediakan cuci tangan, mengenakan masker, menerapkan sosial distancing, dan kebutuhan lainnya,” kata Bustasar.

Terkait soal kerja ASN di jajaran Kemenag, lanjut Bustasar, untuk sementara ini pihaknya masih menggunakan sistem tugas atau kerja di rumah, dan piket.

“Jadi untuk sementara ini kita belum menghadirkan para ASN ke kantor secara keseluruhan. Meskipun demikian kita tetap melihat kebijakan dan situasi kedepannya,” pungkasnya.

Ditambahkan Bustasar, yang jelas untuk saat ini perkembangan dari pandemi Covid-19 terus dipantau, terlebih diwacanakan bakal menerapkan New Normal. Jika nantinya sudah diberlakukan kembali bekerja di kantor, maka persiapan juga harus dilakukan. “Karena kita tidak menginginkan ASN di lingkungan Kemenag ini sampai tepapar Covid-19,” tutupnya.(HBN)