Kemenag Gelar Salat Gerhana

Doni/BE
ARAHAN : Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kepahiang Drs Mulya Hudori MPd memberikan arahan kepada jajaranya sebelum melaksanakan Salat Gerhana

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Jajaran pegawai Kemenag Kepahiang, menggelar Salat Gerhana, pada kamis (26/12) sekira pukul 10.45 WIB di musalah kantor Kemenag Kepahiang kemarin (26/12). Sebelum melaksanakan Salat Gerhana tersebut Kepala Kemenag Kepahiang Drs Mulya Hudori mengingatkan kembali tata cara Salat Gerhana kepada para jamaah.

“Salat Gerhana ini salat sunnah hanya saja cara pelaksanaannya sedikit berbeda dengan pelaksaan salat sunat lainnya, yakni dua rakaat dengan empat kali rukuk, untuk rakaat pertama setelah membaca al fateha dilanjutkan dengan surat terus rukuk dan setelah rukuk kembali membaca Surat Al Fateha dan surat. Kemudian, rukuk lagi baru sujud begitupun dengan rakaat selanjutnya,” jelas Mulya sebelum memulai Salat Gerhana.

Dikatakan Mulya, selain di kemenag juga telah diisntruksikan kepada para penyuluh agama islam untuk melaksanakan salat sunah gerhana di daerahnya masing-masing. dan salat gerhana ini tidak dipusatkan kan disatu titik agar masyarakat tahu dan ikut melaksanannya. “Kita juga sudah instruksikan kepada para PAI untuk melakasanakan sholat gerhana di daerah masing-masing dan memang Salat Gerhana ini tidak dilaksanakan secara terpusat agar masyarakat tahu dan banyak yang mengerjakannya,” ungkapnya.

Ditambahkan Mulya amalan yang sangat dianjurkan setelah selesai sholat sunat gerhana yakni memperbanyak istifar, shalawat, bertasbih hingga berdoa. “Perbanyak istifar,bershalawat, berzikir dan berdoa setelah selesai melaksanakan sholat gerhana ini,” pungkasnya.(320)