Kemenag Gelar Safari Subuh

Foto:IST

TAIS,Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Seluma, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat Seluma. Salah satunya dengan menggelar Safari Subuh keliling ke masjid di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma.

”Safari subuh ini diisi dengan kegiatan ceramah agama dan ruang tanya jawab seputar agama dalam upaya peningkatan kadar iman dan takwa kepada Allah SWT,” terang Kepala Kantor Kemenag Seluma Drs H Herman Yatim MM kepada Bengkulu Ekspress.

Program safari subuh ini juga sebagai ajang silaturahmi Kemenag dengan pengurus masjid dan masyarakat yang dikunjungi. Kegiatan ini, dipimpin langsung Kakan Kemenag Seluma. Diikuti pula Kepala Bidang di lingkungan Kemenag Seluma.

“Melalui kegiatan ini setidaknya kami mengetahui keadaan dan kondisi masyarakat Seluma. Termasuk animo masyarakat datang ke masjid. Kita berupaya mengajak masyarakat untuk selalu memakmurkan masjid dengan rutin melakukan ibadah salat lima waktu secara berjamaah di masjid,” kata Herman.

Selain mengajak masyarakat memakmurkan masjid. Dalam Kegiatan safari subuh ini Kakan Kemenag selaku penceramah juga mengingatkan masyarakat tentang bunuh diri. Ini dilakukan mengingat, angka bunuh diri di Kabupaten Seluma terbilang tinggi. Jadi harus dilakukan pencerahan terhadap masyarakat untuk menekan angka bunuh diri di Kabupaten Seluma.

“Kita juga minta kepada katib untuk terus menyampaikan perihal bunuh diri ini dalam setiap khutbah maupun ceramah agama di masyarakat. Tegaskan kepada masyarakat bunuh diri itu dosa besar yang ganjarannya neraka,” papar Herman.

Menurut Herman, perilaku bunuh diri menyimpang dari norma agama. Karena bunuh diri dengan cara apapun sangatlah dilarang semua ajaran agama. Perilaku bunuh diri ini disebabkan rendahnya kadar iman dan takwa pelaku sehingga memandang bunuh diri adalah jalan pintas untuk keluar dan menyelesaikan masalah. (333)