Kemenag Bengkulu Bakal Bangun Madrasah Berasrama

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu Drs H Ramdhelon MPd

BENGKULU, BE – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu Drs H Ramdhelon MPd menuturkan, guna meningkatkan kualitas pendidikan Kementerian Agama bakal membangun asrama untuk madrasah terpadu.

“Pembangunan dibiayai Kemenag, sedangkan lahannya menjadi kewenangan Pemerintah Kota Bengkulu. Usulan hibah lahan sudah disampaikan ke Pemerintah Kota Bengkulu, saat ini tinggal menunggu,” ujar Ramdhelon.

Pembangunan madrasah terpadu terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA). Pada bagian tengah dibangun asrama (semacam boarding school). Rencananya dibangun di kawasan Bentiring. Keberadaan asrama dalam sebuah lembaga pendidikan memberikan dampak positif yang signifikan. Tidak hanya kualitas tetapi juga membangun peradaban.

“Madrasah berasrama memberikan nilai edukasi dan membentuk karakter para siswa/siswi. Terkait rencana pembangunan ini sudah lakukan koordinasi bersama Pemerintah Kota Bengkulu. Telah disiapkan lahan seluas 5-10 hektar,” cetusnya.

Kemenag, Kata Ramadhelon, pun sudah mengajukan anggaran untuk pembangunan madrasah berasrama tersebut. Dalam pengusulan anggaran tahun 2021, tafsiran alokasi anggaran yang diusulkan mencapai Rp 39 miliar.

”Tidak hanya lahan, Kemenag pun menyiapkan sumber daya manusianya,” tutupnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*